Aktris Pemenang Oscar Ditangkap Pemerintah Iran Gegara Unggahan Instagram

portalutama.com – Salah satu aktris paling terkenal di Iran dilaporkan ditahan oleh pemerintah karena unggahannya di media sosial Instagram.

Taraneh Alidoosti, aktris yang membintangi film pemenang Oscar “The Salesman”, sebelumnya membuat beberapa unggahan protes di Instagram terkait sikap pemerintah terhadap para demonstran di Iran .

Dia membuat beberapa unggahan yang menyatakan dukungan terhadap demonstrasi atas kematian wanita muda Kurdi Jina Mahsa Amini dalam tahanan polisi.

Selain itu, Taraneh Alidoosti juga membuat unggahan yang mengutuk eksekusi Mohsen Shekarim baru-baru ini di negara tersebut atas keterlibatannya dengan aksi protes.

Akun Instagram sang aktris yang memiliki sekitar 8 juta pengikut pun ditangguhkan per Minggu, 18 Desember 2022 ini, setelah unggahan yang menyebabkannya ditahan telah dihapus.

Menurut media Iran , Taraneh Alidoosti ditangkap karena tidak memberikan “dokumen apapun yang sesuai dengan klaimnya”.

Kantor berita pro-pemerintah Tasnim melaporkan bahwa dia ditahan karena “menyebarkan informasi palsu dan mendukung lingkaran kontra-revolusioner”.

Aktris tersebut juga pernah dijatuhi hukuman penjara lima bulan pada tahun 2020, setelah mengkritik polisi di Twitter karena menyerang seorang wanita yang telah melepas jilbabnya.

“Namanya Mohsen Shekari. Setiap organisasi internasional yang menyaksikan pertumpahan darah ini dan tidak mengambil tindakan adalah aib bagi kemanusiaan,” ucap Taraneh Alidoosti dalam unggahannya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Variety, Minggu, 18 Desember 2022.

Mohsen Shekari digantung pada awal Desember 2022 ini, setelah dituduh memblokir jalan utama di Teheran dan melukai seorang perwira militer dengan parang.

Dia dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Revolusi karena memerangi dan menarik senjata “dengan maksud membunuh, menyebabkan teror, serta mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat”.

Mohsen Shekari sempat mengajukan banding atas putusan itu, tetapi pada akhirnya ditolak.

Waktu dari penangkapan hingga eksekusi berjumlah dua setengah bulan, dengan serangkaian peristiwa cepat yang telah membuat khawatir kelompok-kelompok seperti Hak Asasi Manusia Iran dan Amnesty International.

Taraneh Alidoosti telah muncul sebagai salah satu wajah sinema Iran , dan membintangi drama Asghar Farhadi tahun 2016 “The Salesman”, yang memenangkan Oscar untuk fitur internasional terbaik.

Tahun ini, dia menjadi tamu terkenal di Festival Film Cannes, untuk mempromosikan film barunya “Leila’s Brothers” yang disutradarai oleh Saeed Roustayi.

Iran telah diguncang oleh demonstrasi yang meluas sejak September 2022, ketika Masha Amini yang berusia 22 tahun meninggal saat dalam tahanan polisi moralitas.

Masha Amini ditahan karena diduga tidak mengenakan jilbab dengan benar.

Taraneh Alidoosti bukan anggota pertama komunitas film negara itu yang ditangkap karena mengekspresikan solidaritas dengan gerakan protes.

Sebelumnya, dua aktor wanita lainnya, Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi, ditangkap pada kesempatan terpisah pada bulan November 2022.***

error: Content is protected !!