Segini Pudi-pundi Kekayaan Neymar yang Didapat dari Sepakbola

portalutama.com – Neymar da Silva Santos Junior yang lebih dikenal sebagai Neymar Jr tidak hanya dikenal sebagai salah satu pesepakbola terbaik, tapi juga salah satu yang terkaya di dunia.

Predikat itu pantas disematkan kepada Neymar lantaran ia mengantongi pendapatan dari kemampuannya mengolah si kulit bundar yang bikin siapa pun terkejut.

Sebagai pesepakbola yang dulunya mengawali karier di tanah kelahirannya, Brasil, Neymar disebut-sebut mempunyai kekayaan bersih sebesar 95 juta Dollar AS atau setara Rp 1,4 triliun!

Besarnya kekayaan yang dimiliki penyerang Paris Saint-Germain ini membuatnya bercokol sebagai salah satu atlet dengan bayaran tertinggi sepanjang tahun 2022 menurut Majalah Forbes.

Pecinta sepakbola mana pun pastinya juga tahu bahwa Neymar adalah salah satu penyerang paling subur ketika dirinya membela klub maupun negara.

Ia diangkut oleh raksasa Ligue 1, PSG, dari Barcelona pada tahun 2017 dan biaya transfer untuk menebus penyerang yang satu ini sangatlah fantastis.

Bagaimana tidak, Neymar diboyong ke Le Parisien dengan nilai transfer sebesar 264 juta Dollar AS atau setara Rp 4 triliun!

Fantastisnya harga yang harus dibayarakan oleh PSG untuk Barcelona membuat Neymar menjadi pesepakbola dengan biaya transfer tertinggi dalam sepakbola sepanjang sejarah.

Prestasi Neymar untuk klub dan negara

Mahalnya nilai transfer yang harus ditebus PSG untuk mendapatkan jasa pemain berkebangsaan Brasil ini setara dengan kemampuan Neymar.

Pasalnya, Neymar adalah salah satu pesepakbola yang namanya masuk ke dalam daftar pencetak gol paling produktif.

Bahkan, nama penyerang berusia 35 tahun ini bersanding dengan tiga pesepakbola ternama lainnya, seperti Romario dan Cristiano Ronaldo, yang telah mencetak setidaknya 100 gol untuk tiga klub berbeda.

Neymar yang saat ini masih berseragam PSG dulunya debut pada usia 17 tahun untuk klub asal Brasil, Santos, pada tahun 2009.

Klub yang memberikan pengalaman kepadanya bukanlah tim sembarangan lantaran Santos adalah tim utama di papan atas Brasil yang dikenal sebagai Campeonato Paulista.

Karena perannya di starting eleven, Neymar mampu membantu Santos memenangkan satu-satunya trofi Recopa Sudamericana dan Copa do Brasil.

Ia juga memiliki andil dalam kemenangan klub Copa Libertadores untuk pertama kalinya sejak 1960-an dan dua kejuaraan liga Campeonato Paulista.

Selain kesuksesannya di Santos, Neymar juga memenangkan Piala Dunia Klub FIFA, Piala Liga Champions UEFA, termasuk dua kejuaraan La Liga.

Hebatnya lagi, Neymar juga membantu raksasa Spanyol, Barcelona, yang saat itu masih dibelanya untuk merengkuh satu Piala Super UEFA dan tiga trofi Piala Spanyol.

Sementara bersama PSG, ia telah memenangkan empat gelar Ligue 1, tiga trofi Piala Prancis, dan empat gelar juara Piala Super Prancis.

Kehebatan Neymar dalam menggocek lawan juga ia buktikan kala berseragam kuning-biru.

Ketika membela Timnas Brazil, ia membantu Seleção membawa pulang Piala Konfederasi 2013, termasuk medali emas di Olimpiade Musim Panas Rio 2016.

Meski usianya sudah menginjak kepala tiga, Neymar belum kehabisan napas bahkan kabar terbaru ia mampu mengantarkan Timnas Brasil menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kasus transfer di Barcelona

Neymar boleh berbangga atas sederet prestasi individual maupun kolektif yang pernah ia raih selama berkarier di lapangan hijau.

Namun, sosoknya pernah terjerat masalah, salah satunya adalah kepindahan sang bintang dari Santos ke Barcelona.

Pada Oktober 2022, Neymar dan delapan orang lainnya, termasuk orang tuanya, diadili di Barcelona atas tuduhan penipuan dan korupsi terkait transfer tersebut.

Barcelona sebenarnya menyatakan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan tanda tangan Neymar sebesar 55,3 juta Dollar AS atau setara Rp 850 miliar!

Sayangnya, jaksa setempat menuduh biaya yang dikeluarkan Barcelona untuk menebus Neymar dari Santos sebesar 80,5 juta Dollar AS yang setara dengan Rp 1,2 triliun!

Akibat masalah biaya transfer yang menjeratnya, jaksa menuntut hukuman penjara dua tahun dan mengenakan denda sebesar USD 10 juta atau setara Rp 153 miliar kepada Neymar.

Neymar salah satu atlet terkaya di dunia

Terlepas dari masalah yang sempat menyandung Neymar, pecinta sepakbola tentunya setuju apabila bintang asal Brasil ini super tajir.

Ia bahkan menduduki posisi keempat sebagai atlet dengan bayaran tertinggi di dunia menurut Majalah Forbes pada tahun 2022.

Besarnya bayaran yang diterima Neymar membuatnya hampir bersaing dengan megabintang yang juga rekan satu timnya di PSG, Lionel Messi, dan penyerang asal Portugal, Ronaldo.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Neymar termasuk USD 70 juta Dollar AS atau setara Rp 1,7 triliun dari gajinya di PSG.

Forbes juga memperkirakan kekayaan bersih Neymar berasal dari bonus yang diterimanya selama periode 12 bulan antara 1 Mei 2021 hingga 1 Mei 2022.

Bahkan, penyerang bernomor punggung sepuluh ini mendapatkan penghasilan di luar lapangan hijau sebesar Rp 384 miliar!

The Sun juga melaporkan pada tahun 2018 bahwa Neymar adalah pesepakbola paling terkenal di dunia saat itu dengan 35 sponsor yang mencakup Nike, Qatar National Bank dan Beats.

Karenanya, pada saat itu jumlah pendapatan yang diterima Neymar mungkin lebih tinggi daripada Ronaldo dan Messi.

Sayangnya, kemesraannya bersama Nike harus berakhir pada Agustus 2022 setelah Neymar menolak bekerja sama dalam penyelidikan terkait dugaan pelecehan seksual terhadap karyawan Nike olehnya pada tahun 2016.

Koleksi mewah Neymar

Dari pundi-pundi yang didapat Neymar sebagai salah satu pesepakbola termahal di dunia, tak heran jika ia mampu memiliki berbagai koleksi “wah’ yang berikut ini.

1. Kapal pesiar mewah

Pada tahun 2012, saat masih bermain untuk Santos, Neymar membeli kapal pesiar seharga sekitar 8 juta Dollar atau setara Rp 123 miliar!

Dinamai ibunya, Nadine, kapal pesiar itu kabarnya adalah tipe Azimut 78 dengan panjang 25 meter dan dilengkapi dengan 3-4 suites dan satu ruang tamu.

Kapal pesiar mewah milik Neymar turut dilengkapi interior mewah dan sofa -yang menurut Forbes, harta bergerak ini butuh biaya perawatan sebesar Rp 1,8 miliar.

2. Jet pribadi

Neymar, pacarnya Bruno Biancardi, dan saudara perempuannya Rafaella Santos berhasil melarikan diri ketika pesawat yang mereka tumpangi harus melakukan pendaratan darurat di kota Boa Vista, Brasil.

Menyusul insiden tersebut, agensi pesepakbola itu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pesawat mengalami masalah kecil di wiper kaca depan.

Jet tersebut, Cessna Citation Sovereign (Model 680), dimiliki oleh agensinya, Neymar Sport E Marketing, dan bernilai sekitar Rp 296 miliar.

Beberapa laporan menyebutkan bahwa jet pribadi tersebut dibeli Neymar pada tahun 2016.

3. Airbus H145

Selain pesawat pribadinya, Neymar juga menggunakan kekayaan bersih yang sangat besar untuk membeli helikopter Airbus H145.

Helikopter ini dirancang khusus agar terlihat seperti Batcopter -helikopter milik pahlawan super Batman terbitan DC Comics.

Menurut The Daily Mirror, Neymar diyakini sebagai penggemar berat DC Comics.

Ia secara khusus berdandan sebagai The Dark Knight di beberapa pesta dan Airbus H145 yang dimilikinya mempunyai gaya interior oleh Mercedes-Benz.

Helikopter tersebut pertama kali terlihat saat Neymar bersama Richarlison, Ederson, dan Fernandinho tiba untuk latihan jelang Copa America 2019.

4. Ferrari dan Maserati

Neymar memiliki sejumlah mobil untuk mengobarkan hasratnya akan kecepatan dan keinginan untuk kemewahan.

Diketahui, ia menyimpan Ferrari 458 Italia di garasi rumahnya yang digadang-gadang sebagai salah satu mobil terbaik yang pernah diproduksi.

Supercar tersebut juga dimiliki oleh selebriti terkemuka, seperti Kylie Jenner, Floyd Mayweather, dan Rihanna.

Neymar juga memiliki Maserati MC12 yang hanya ada 50 unit di dunia -yang dapat dipacu hingga kecepatan tertinggi lebih dari 330 km/jam.

Ferrari 458 milik Neymar diperkirakan seharga Rp 3 miliar dan Maserati MC12 bernilai sekitar Rp 11 miliar!

4. Audi

The Sun melaporkan bahwa Neymar memiliki tiga mobil Audi, yakni Audi RS7, Audi Q7, dan Audi R8 Spyder.

Ia sebelumnya terlihat mengendarai RS7 berwarna biru ke tempat latihan ketika masih berseragam Barcelona, klub yang disponsori Audi hingga 2019.

5. Lykan Hypersport dan Lamborghini Veneno

Neymar diyakini sebagai salah satu pemilik Lykan Hypersport senilai Rp 53 miliar, mobil yang pernah ditampilkan dalam salah satu film Fast & Furious.

Lykan Hypersport adalah salah satu mobil tercepat sepanjang masa, mencatat kecepatan tertinggi sekitar 355 km/jam dengan tipe Boxer, 228,6 in3, 3756 cc Flat 6 mesin twin-turbocharged.

Diproduksi oleh W Motors yang berbasis di UEA, mobil ini sangat eksklusif karena hanya tujuh yang pernah diproduksi.

Supercar lain yang diyakini berada di garasi Neymar adalah Lamborghini Veneno.

Mobil berkecepatan tinggi ini memiliki mesin V12 aspirasi 6,5 liter yang memberi Veneno kecepatan tertinggi 355 km/jam.

Roadster edisi terbatas ini awalnya dibanderol dengan harga Rp 69 miliar!

6. NFT Bored Ape

Pada Januari 2022, Neymar mengumumkan bahwa dia telah membeli dua NFT Bored Ape Yacht Club (BAYC).

NFT yang dimili Neymar adalah Bored Ape #6633, menampilkan kera berwarna merah muda mengenakan topi ulang tahun, tuksedo, dan nuansa futuristik.

NFT itu dulunya dihargai sekitar Rp 16 miliar namun harganya tinggal Rp 937 juta jelang akhir tahun 2022.

7. Mansion

Berbagai laporan media pada Desember 2021 menyebutkan bahwa Neymar membeli sebuah mansion di Brazil dengan harga Rp 49 miliar!

Properti ini memiliki tujuh kamar tidur, kolam renang besar, lapangan squash, bar koktail, lift panorama, dan garasi untuk 20 mobil.

Bangunan itu memiliki fasad kaca dan menurut situs berita Brasil, Em Off, mansion milik Neymar terletak di Alphaville dekat São Paulo.

Bintang PSG itu juga memiliki rumah enam kamar tidur di dekat Rio de Janeiro.

Mansion ini dilengkapi dengan fasilitas mewah seperti ruang pijat, spa, sauna, dan jacuzzi berpemanas.

Tak hanya itu, Neymar memiliki rumah besar di Beverly Hills, dengan ukuran 2.040 meter persegi, tujuh kamar tidur, teater, beberapa lapangan tenis, kolam renang, dan gudang anggur.

Di sisi lain, Neymar juga mencatatkan asetnya pada rumah lima lantai di Paris yang berukuran sekitar 1.000 meter persegi dan diperkirakan bernilai Rp 118 miliar.

The Sun melaporkan bahwa pesepakbola tersebut tidak memiliki properti tersebut tetapi merupakan penyewa. Harga sewanya sekitar Rp 255 juta setiap bulan.

error: Content is protected !!