Review Sunscreen Biore UV Aqua Rich Watery Essence

portalutama.com – Perjalanan saya mencari sunscreen bagus belum terhenti, terutama setelah saya memutuskan untuk rutin berenang tiap minggunya. Sunscreen yang water-resistant menjadi salah satu tolak ukur yang saya cari karena harus bisa melindungi kulit saya selama berenang setidaknya 30 menit. Soalnya saya bisa menghabiskan waktu 30 menit setiap kali berenang.

Produk sunscreen sendiri sebenarnya bukanlah produk yang tengah hype akhir-akhir ini, tapi lebih tepatnya produk yang ‘seharusnya sudah diketahui untuk digunakan setiap hari’. Makanya banyak sekali skincare ethusiat, dematologi, dan para ahli yang mewanti-wanti masyarakat untuk menggunakan sunscreen.

Luckily, hingga saat ini sudah banyak produk sunscreen yang diproduksi dan dipasarkan untuk masyarakat. Makanya akan mudah bagi kita untuk menemukan produk-produk tabir surya ini. Dari yang bentuknya lotion, spray hingga stick. Semuanya hadir dengan tujuan utama, melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Tentang Produk

Salah satu produk sunscreen yang banyak didengungkan tak hanya di Indonesia, tapi juga mancanegara, adalah Biore UV Aqua Rich Water Essence. Produk ini sempat menghebohkan dunia skincare beberapa tahun lalu, dan masih menduduki posisi khusus sebagai salah satu sunscreen terbaik yang pernah ada di Indonesia.

Biore UV adalah brand khusus sun protection dari Biore yang berisi produk-produk sunscreen. Di Jepang sendiri, produk-produk Biore UV sangat digandrungi karena dianggap berkualitas. Produk pertama Biore UV sendiri diperkenalkan pada tahun 2015, dengan mengusung nama Aqua Rich Watery Essence dan Watery Gel yang memiliki tekstur dan concern sedikit berbeda, tapi tetap dengan tujuan utama dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari,

Tahun 2017, Kao, perusahaan yang menaungi Biore, memperkenalkan produk Biore UV Aqua Rich dengan improved formulation dan perubahan cukup drastis pada warna packaging-nya.

Karena nggak mau merasa puas dengan inovasi sebelumnya, tahun 2019 pun Kao kembali memperbaharui produk ini dengan perubahan pada formulasi, teknologi, dan sedikit pembaharuan pada desain kemasan. This product has been through a long journey, right?

Dari pembaharuan tersebut, tampak jelas bahwa Kao nggak main-main dalam memformulasikan Biore UV Aqua Rich Watery Essence maupun Watery Gel. Bahkan Kao mengaku kalau penelitian tentang sunscreen ini masih terus dilakukan, dengan harapan kualitas produk akan semakin baik sehingga perlindungan yang disuguhkan pun optimal.

Saya sendiri berkesempatan untuk mereview varian Watery Essence dari Biore UV Aqua Rich yang mana diklaim bisa mencegah kulit kering. Walau sebenarnya jenis kulit saya sendiri cenderung kombinasi berminyak. Tapi, nggak masalah kok. Soalnya produk ini disebut-sebut works juga buat pemilik kulit berminyak.

Klaim dan Benefit

“Waterproof suncreen yang memberikan perlindungan lebih merata dengan Micro Defense Formula. Terasa ringan seperti air. Dengan SPF 50+/PA++++ -melindungi kulit wajah dan badan dari efek buruk sinar UVA dan UVB”

Secara spesifik Biore menjabarkan enam manfaat UV Aqua Rich Watery Essence sebagai berikut:

    Mengandug water capsule. Mencegah kulit kering.

    Mengandung hyaluronic acid, royal jelly extract dan bahan pelembap

    Water-proof type (dibuktikan dengan uji water resistance 80 menit), namun tetap mudah dibersihkan dengan sabun

    Nggak mengandung pewarna tambahan

    Formulasinya mencegah jerawat (telah diuji non-comedogenic)

    Telah melalui uji alergi

Biore juga menyebutkan bahwa produk ini bisa membaur baik pada kulit, memberikan hasil transparan tanpa meninggalkan whitecast. Produk juga dapat digunakan sebagai base makeup karena dapat membaur baik dengan foundation, dengan tampilan akhir kompleksi yang silky.

Sayangnya, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini masih mengandung fragrance yaitu aroma white muguet atau populer disebut Lily of The Valley.

Cara Pemakaian

Untuk menggunakan sunscreen ini kamu hanya perlu mengaplikasikan secukupnya secara merata di permukaan kulit. Tapi pastikan sunscreen nggak mengenai langsung pakaian ya sebelum mengering. Kamu juga perlu mengaplikasikannya kembali setelah berkeringat untuk proteksi yang selalu optimal.

Nah, kalau untuk membersihkannya, kamu dapat menggunakan facial wash favoritmu untuk mengangkat sunscreen yang masih menempel di kulit.

Fun Fact

Tau nggak sih kalau Biore UV Aqua Rich Water Essence ini belum diproduksi langsung di Indonesia?

Kalau saya baca langsung dari informasi kemasan, sunscreen ini ternyata langsung diproduksi oleh pabrik Kao Corporation yang berada di Tokyo, Jepang. PT Kao Indonesia sendiri cuma berperan sebagai distributor.

Jadi intinya, Biore UV Aqua Rich Water Essence yang saya pakai ini punya kualitas sama dengan produk yang dipakai orang-orang Jepang.

Kemasan

Sunscreen Biore ini dikemas dalam wadah squeezable dari plastik yang kokoh, ringan, dan lembut. Bagian cap ulir juga berbahan plastik, tapi lebih kokoh dan kuat dari bagian badan.

Untuk sunscreen ini, Biore pake grafis metalik berwarna biru langit begradasi untuk menghias badan produk. Warna yang outstanding sekaligus menyegarkan.

Ketika bagian cap dibuka, kamu akan disambut dengan pointy nozzle yang nggak begitu dibuat tajam, sebagai lubang tempat produk keluar. Lubang pada nozzle juga nggak begitu besar ataupun terlalu kecil, jadi tiap produk dikeluarkan akan berjumlah cukup.

Ingredients List

Penting untuk tahu kandungan apa saja yang terkandung dalam produk suncreen. Hal ini untuk membuktikan proteksi yang diklaim oleh brand tentang produk sunscreen tersebut.

Nah, untuk sunscreen fenomenal dari Biore ini, kira-kira mengandung bahan apa saja ya dalam formulasinya? Yuk, kita kuak sendiri!

Full Ingredients

Water, Alcohol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Ethylhexyl Triazone, Isopropyl Palmitate, Lauryl Methacrylate/Sodium Methacrylate Crosspolymer, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Hydrogenated Polyisobutene, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Dextrin Palmitate, Butylene Glycol, Xylitol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Dimethicone, C12-15 Alkyl Benzoate, Glycerin, Propanediol, Glyceryl Stearate, Glyceryl Behenate, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, Potassium Hydroxide, Cetyl Alcohol, Agar, Sorbitan Distearate, Isoceteth-20, Polyvinyl Alcohol, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Stearoyl Glutamic Acid, Arginine, Disodium EDTA, Fragrance, BHT, Sodium Hydroxide, Tocopherol, Royal Jelly Extract, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, Methylparaben.