Piala AFF 2022: 10 Pemain Thailand Tahan Imbang Indonesia 1-1

portalutama.com – Duel antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia dan Timnas Thailand berakhir sama kuat dengan skor akhir 1-1 hingga akhir match day 4 Grup A, Kamis (29/12/2022).

Serupa dengan laga melawan Kamboja dan Brunei Darussalam, Shin Tae-Yong kembali mainkan formasi 1-4-2-3-1 untuk skuad Garuda dalam laga melawan Thailand. Baru memasuki menit pertama sejak peluit babak pertama dibunyikan, Witan Sulaeman langsung membuka peluang bagi Indonesia. Namun, upaya tersebut sukses diamankan kiper Thailand, Phuthawchueak.

Merespon serangan tersebut, anak-anak asuh Alexandre Polking langsung mencoba untuk menguasai bola dengan pressing yang tinggi. Theerathon Bunmathan dkk berupaya dengan agresif untuk mencegah tuan rumah menguasai pertandingan.

Tidak hanya itu, pertahanan Tim Gajah Perang di lini belakang pun semakin diperkokoh sehingga serangan Garuda tidak terlalu membahayakan bagi gawang Phuthawchueak.

Pada menit ke-39, Witan kembali berupaya untuk memecah kebuntuan skor dengan memanfaatkan blunder kiper Thailand dalam mengoper bola. Namun, tendangan mendatar Witan meleset di sisi gawang.

Hingga babak turun minum, kedua kubu yang tengah mengulang kembali Final Piala AFF 2020 sama-sama belum berhasil mengubah skor kacamata di papan skor, padahal Thailand cukup unggul dalam penguasaan bola sepanjang 45 menit pertama.

Indonesia akhirnya memecah kebuntuan skor pada menit ke-50. Marc Klok sukses mengeksekusi kesempatan tendangan dari titik putih dari wasit setelah tendangan Asnawi Mangkualam mengenai tangan Theeraton Bunmathan. Skor 1-0 pun ditorehkan untuk Garuda.

Setelah dijebol Marc Klok, Thailand mencoba untuk membalas dendam. Namun, upaya tersebut selalu digagalkan oleh pertahanan kokoh Jordi Amat dkk.

Pada menit ke-57, Marc Klok kembali memberikan harapan tambahan skor bagi Indonesia. Namun, sepakannya dari tendangan bebas masih bisa diamankan oleh kiper Phoothawchuek.

Alih-alih menambah skor, Gajah Perang justru memperoleh kartu merah dari wasit pada menit ke-62 sehingga sisa perjuangannya melawan Garuda hanya bisa diperkuat 10 orang. Sanrawat mendapat kartu merah setelah menekel Saddil Ramdani dengan tinggi dari belakang hingga mengenai paha Saddil.

Thailand akhirnya mengimbangi kekuatan Thailand pada menit ke-79 dengan memanfaatkan celah lengah dari lini belakang Indonesia. Sepakan Sarach Yooyen yang menyentuh kaki Kambuaya sukses mengubah angka papan skor menjadi 1-1.

Hingga peluit panjang 90 menit dibunyikan, Indonesia dan Thailand harus puas sama kuat melalui skor 1-1. Dengan demikian, langkah Garuda untuk melaju ke babak semifinal pun harus tertunda.

error: Content is protected !!