Perhatikan Cara Penggunaan Hyaluronic Acid dengan Benar

portalutama.com – Asam hialuronat atau Hyaluronic acid (HA) menjadi formula yang banyak dipakai dalam produk pelembab wajah, serum, atau pun toner.

Menurut penjelasan dokter kulit Nancy Samolitis, hyaluronic acid adalah molekul gula yang secara alami ada di kulit dan jenis jaringan manusia lainnya.

Sayangnya, seiring usia tubuh memproduksi HA lebih sedikit, padahal kulit kita semakin membutuhkannya.

“Teksturnya seperti jeli dan menahan lebih dari 1.000 kali beratnya di dalam air, sehingga menciptakan kekenyalan dan hidrasi di kulit,” kata Samolitis.

Hyaluronic acids ini bekerja seperti magnet yang akan menarik air dan tidak menguap di permukaan kulit.

Jika digunakan dengan benar, produk mengandung hyaluronic acid bisa sangat efektif untuk mencegah kehilangan air atau dehidrasi pada kulit kering .

Berikut ini adalah cara menggunakan hyaluronic acid secara benar, agar berdampak baik untuk kesehatan kulit:

1. Aplikasikan secara teratur

Unutk mendapatkan hasil kulit yang lembab dan plump, produk skincare mengandung asam hialuronat harus dipakai secara rutin pada pagi dan malam hari.

“Anggap saja itu sebagai minuman bagi kulit yang diminum pada pagi hari dan malam hari,” kata dokter kulit Karen Fernandez.

2. Aplikasikan pada kulit yang lembap

HA dapat membuat kulit menjadi kering jika tidak digunakan dengan benar. Untuk itu, sebelum mengaplikasikannya ke kulit, kamu perlu memastikan kondisi kulit dalam keadaan lembap.

Kamu perlu ingat bahwa HA dapat menarik kelembapan. Jika hyaluronic acid menarik terlalu banyak kelembapan dari kulit, itu sebenarnya dapat mengeringkan kulit secara paradoks.

3. Kombinasikan dengan produk lain

Menurut Fernandez, hyaluronic acid tidak harus digunakan dengan retinoid (pencegah penuaan yang berasal dari vitamin A), tetapi keduanya bekerja lebih kuat jika dikombinasikan.

Retinol akan membantu membangun lapisan dermal yang dapat membantu menebalkan lapisan kulit. Sehingga kamu akan memiliki lebih banyak serat kolagen dan elastin yang direproduksi, serta lebih banyak ruang untuk lebih banyak molekul hyaluronic acid.

HA juga cocok dikombinasikan dengan vitamin C.

4. Mencampurkan hyaluronic acid dengan produk lain

Para ahli setuju bahwa HA tidak memiliki interaksi negatif dengan produk perawatan kulit lainnya.

Hyaluronic acid cenderung bekerja dengan baik dengan bahan perawatan kulit lainnya karena dapat melembabkan kulit, berpotensi membantu membuat produk dan bahan lain lebih dapat ditoleransi.

error: Content is protected !!