Pentingnya atur asupan dan pola makan agar tak gampang sakit

portalutama.com – Memiliki tubuh yang sehat dan tak gampang sakit tentu menjadi impian bagi semua orang agar dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan efektif. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan mengatur asupan dan pola makan.

Menurut Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan RI, ada lima hal yang harus dijadikan kebiasaan agar tubuh tetap sehat.

Pertama, minum air putih paling sedikit delapan gelas atau dua liter per hari. Kedua, perbanyak konsumsi buah dan sayur setiap hari. Ketiga, pilih sumber pangan yang segar dan diolah dengan cara direbus atau dikukus.

Keempat, batasi konsumsi kecap, saus, penyedap rasa, pemanis, pengawet, dan perasa sintetis. Kelima, budayakan membaca label sebelum memilih makanan kemasan atau siap saji.

Adapun waktu makan yang dianjurkan adalah sarapan, makan siang, dan makan malam. Disarankan pula untuk mengonsumsi camilan sehat di waktu siang dan sore hari.

Pola makan dengan jumlah yang tepat dengan frekuensi yang teratur dapat membuat tubuh menjadi sehat sekaligus ideal. Sebaliknya, pola makan yang berantakan akan mengacaukan jam biologis tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Dalam mengonsumsi makanan sehari-hari, Anda juga harus memperhatikan kadar MSG yang dikonsumsi meski MSG sudah menjadi hal biasa untuk menambah cita rasa makanan. Sebab, konsumsi MSG dalam jumlah berlebih akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Salah satu produk tanpa MSG yang menjadi pilihan dalam mendukung pola hidup sehat adalah Mie Jiwa Pagi dari Kobe.

“Mie Jiwa Pagi tanpa MSG, terbuat dari sayur, mengandung vitamin A, B2, B9, zat besi serta zinc. Tak hanya itu, mie lebih rendah lemak karena tidak melalui proses penggorengan sehingga cocok dinikmati oleh pelaku diet,” kata Head of Brand Communication PT Kobe Meylanie dalam siaran pers, Rabu.

Mie Jiwa Pagi tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari mie goreng, ayam bawang, dan soto segeer, dan bisa didapatkan di berbagai merchant terdekat serta e-commerce Kobe Official Store.

error: Content is protected !!