Kisah Pasien Tak Sadar Ada 23 Lensa Kontak Tertinggal di Mata

portalutama.com – Jakarta – Seorang dokter mata di California, Amerika Serikat, merinci momen mengejutkan saat ia melepaskan 23 lensa kontak dari mata seorang pasien. Dalam video yang sekarang viral, Dr. Katarina Kurteeva, seorang dokter mata di California Eye Associates di Newport Beach, terlihat melepas beberapa lensa kontak dari bawah kelopak mata seorang pasien yang lupa melepasnya setiap hari.

Dikutip dari People, Selasa, 18 Oktober 2022, Kurteeva mengatakan pasien datang kepadanya dengan keluhan nyeri dan penglihatan kabur. Ia mengatakan di media sosial bahwa dia menggunakan alat bedah untuk menghilangkan lensa kontak.

Enam+

Lensa kontak tersebut “pada dasarnya lensa kontak menempel setelah berada di bawah kelopak mata selama sebulan.” Sementara, pasiennya “bingung” dengan situasinya dan tidak tahu bagaimana dia melupakan begitu banyak lensa kontak, kata Kurteeva kepada ABC7 mengenai kondisi itu bisa terjadi.

“Ketika Anda memakai lensa kontak selama bertahun-tahun, lebih dari 20 hingga 30 tahun, kornea kita, yang merupakan bagian paling sensitif dari mata, menjadi tidak peka, yang pada dasarnya adalah fitur pelindung karena jika tidak, Anda akan sangat terganggu dengan pemakaian lensa kontak sehari-hari,” jelasnya. “Bagaimanapun, itu adalah benda asing di matamu.”

Kurteeva menerangkan, ketika kornea kehilangan sensitivitas, hal tersebut semacam penyesuaian. “Tetapi pada saat yang sama, Anda tidak merasa ketika ada sesuatu yang benar-benar salah,” demikian tambah Kurteeva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Penumpukan Lensa Kontak

Kurteeva mengatakan bahwa kasus ini melibatkan seorang pasien yang mengalami banyak perubahan wajah. “Jadi, kantong di kelopak mata atas menjadi sangat dalam. Jadi, dalam hal ini, semua lensa kontak itu bisa bersembunyi seperti setumpuk kue dadar jauh di dalam di bagian mata yang paling tidak sensitif,” terangnya.

Meskipun dia mengakui itu adalah “kesempatan langka,” Kurteeva menggunakan kisah pasiennya untuk mendidik pengikutnya tentang kebersihan lensa kontak. Bicara kepada media itu, ia menyarankan untuk menjalankan rutinitas perawatan mata dengan rutinitas perawatan gigi Anda agar mudah diingat.

“Saat Anda mengambil sikat gigi, lepaskan kontaknya, lalu gosok gigi Anda. Di pagi hari, saat Anda mengambil sikat gigi, masukkan lensa kontak dengan air mata buatan dan kemudian gosok gigi setelahnya. Ini hal yang sangat mendasar,” katanya.

Ia mengatakan pasien “cepat pulih” dan kembali ke rutinitas hariannya. Secara mengejutkan pasien itu ingin kembali memakai lensa kontak.

Enam+

Perawatan Mata

Kurteeva menambahkan bahwa pasien itu sangat beruntung karena dia tidak mengalami kerusakan parah atau permanen pada matanya. “Itu tidak selalu berakhir dengan baik,” kata Kurteeva.

“Saya telah berlatih selama hampir 20 tahun dan saya telah melihat beberapa kasus benar-benar gagal, di mana orang mengembangkan infeksi yang mengancam penglihatan, bahkan seperti sehari memakai lensa kontak semalaman,” tambahnya.

Dikutip dari Healthline, Selasa, 18 Oktober 2022, lensa kontak dapat membuat perbedaan besar dalam kualitas hidup pemakainya, tetapi penting untuk menanganinya dengan aman. Perawatan yang tidak tepat dapat menyebabkan segala macam masalah, termasuk infeksi serius.

Cara memasang lensa kontak:

1. Pertama, cuci tangan Anda sampai bersih dan keringkan dengan baik.

2. Buka kotak lensa kontak Anda dan gunakan ujung jari Anda untuk meletakkan lensa kontak pertama di tangan Anda yang tidak dominan.

3. Bilas lensa dengan larutan lensa kontak. Jangan pernah menggunakan air biasa.

4. Letakkan lensa di atas telunjuk atau jari tengah tangan dominan Anda.

5. Periksa untuk memastikan lensa tidak rusak dan sisi yang benar menghadap ke atas. Tepi lensa harus mengarah ke atas untuk membentuk mangkuk, bukan terbalik. Jika bagian dalam ke luar, balikkan dengan lembut. Jika lensa rusak, jangan gunakan.

6. Lihatlah ke cermin dan tahan kelopak mata atas dan bawah Anda terbuka dengan tangan tidak memegang lensa.

7. Lihatlah ke depan Anda atau ke arah langit-langit dan letakkan lensa di mata Anda.

8. Tutup mata Anda perlahan dan putar mata Anda atau tekan kelopak mata dengan lembut untuk meletakkan lensa di tempatnya. Lensa harus terasa nyaman, dan Anda akan dapat melihat dengan jelas setelah berkedip beberapa kali. Jika tidak nyaman, keluarkan lensa dengan lembut, bilas, dan coba lagi.

9. Ulangi dengan lensa kedua.

Enam+

Cara Melepas Lensa Kontak

1. Cuci tangan Anda secara menyeluruh dan keringkan dengan baik.

2. Gunakan jari tengah tangan dominan Anda untuk menarik kelopak mata bawah dengan lembut ke satu mata.

3. Sambil melihat ke atas, gunakan jari telunjuk dari tangan yang sama untuk menarik lensa secara perlahan ke bagian putih mata Anda.

4. Jepit lensa dengan ibu jari dan jari telunjuk Anda dan lepaskan dari mata Anda. Setelah Anda melepas lensa, letakkan di telapak tangan Anda dan basahi dengan larutan kontak.

5. Gosok perlahan selama sekitar 30 detik untuk menghilangkan lendir, kotoran, dan minyak.

6. Bilas lensa, lalu masukkan ke dalam wadah lensa kontak dan tutupi sepenuhnya dengan larutan kontak.

7. Ulangi dengan mata yang lain.

Untuk menjaga kesehatan mata Anda, penting untuk mengikuti petunjuk perawatan yang tepat untuk lensa kontak Anda. Tidak melakukannya dapat menyebabkan berbagai masalah pada mata, termasuk infeksi serius.

Faktanya, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), infeksi mata serius yang dapat mengakibatkan kebutaan memengaruhi sekitar 1 dari setiap 500 pemakai lensa kontak setiap tahun. Cara termudah untuk mengurangi risiko infeksi mata dan komplikasi lainnya adalah dengan merawat lensa Anda dengan benar.

error: Content is protected !!