Kayu Manis Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta?

portalutama.com – Koleserol tinggi bisa memunculkan gejala seperti mudah pusing, mudah lelah, metabolisme tubuh berkurang, dan nyeri di bagian badan tertentu.

Ada sejumlah pengobatan rumahan yang dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah, salah satunya adalah kayu manis. Benarkah kayu manis efektif menurunkan kolesterol tinggi?

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak khasiat. Selain sebagai bumbu dapur, kayu manis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dokter Francisco Lopez-Jimenez dari Mayo Clinic mengatakan hanya ada sedikit bukti bahwa kayu manis dapat menurunkan kolesterol.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis memberikan efek melebarkan dan melemaskan pembuluh darah. Inilah yang nantinya memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Meski demikian, sebagian besar uji coba tidak menunjukkan efek pada kolesterol dalam darah. Sehinggga cara kerja kandungan ini dalam menurunkan kolesterol masih perlu penelitian lebih lanjut.

Namun, kayu manis bisa menjadi cara yang sehat untuk menambah rasa pada makanan, terutama sebagai pengganti gula atau garam.

Untuk mengurangi kolesterol tinggi, fokuslah pada perubahan gaya hidup, seperti :

error: Content is protected !!