Disney Kolaborasi dengan Seniman RI untuk Film Avatar 2

portalutama.comSalah satu seniman Indonesia, Alex Abbad, berkolaborasi dengan Disney Indonesia untuk film Avatar: The Way of Water (Avatar 2) yang disutradarai oleh James Cameron.

Dalam kolaborasi tersebut, Alex membuat instalasi seni tiga dimensi (3D) berupa paus yang terinspirasi dari makhluk berupa ikan paus yang menjadi tunggangan para karakter film.

“Materinya terinspirasi dari trailer-nya. Dari trailer tersebut ada banyak cerita, salah satunya adalah bagaimana mereka (para tokoh film) berusaha memperjuangkan teritori yang mewakili alamnya mereka,” ungkap Alex dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Guna mewujudkan inspirasinya, Alex membuat instalasi 3D tersebut dengan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang yang berasal dari sekitar 1.000 botol plastik bekas, jaring ikan bekas nelayan, hingga tutup botol bekas.

Bahan-bahan tersebut kemudian diatur sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah patung yang dipamerkan secara perdana di area Pos Bloc Jakarta. Patung tersebut memiliki detail berupa air mancur hingga karakter Jake Sully yang digantung di salah satu sirip paus.

“Kolaborasi kita mengangkat tema materi sustainable dan memperjuangkan alam. Kita juga menggunakan plastik, jaring-jaring bekas nelayan untuk membuat bentuk yang kita inginkan. Ini juga menjadi simbol bahwa laut sudah seperti ini (tercemar sampah plastik),” jelas Alex.

Alex mengatakan, sampah di laut yang didominasi oleh sampah plastik adalah salah satu permasalahan serius di dunia. Terlebih, proses daur ulang sampah plastik sangatlah rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Berkaitan dengan hal tersebut, The Walt Disney Company dan Avatar juga resmi meluncurkan kampanye global bertajuk Keep Our Oceans Amazing yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait isu yang mengancam kelestarian laut dan satwanya.

Sekuel terbaru Avatar 2 atau Avatar: The Way of Water akan segera tayang serentak di bioskop Indonesia pada 16 Desember 2022. Penayangan sekuel terbaru Avatar ini merupakan hasil dari penantian panjang setelah 13 tahun berlalu sejak Avatar pertama dirilis.

Film yang digarap oleh James Cameron ini akan akan menampilkan Sam Worthington sebagai Jake dan Zoe Saldana sebagai Neytiri. Tayangan berdurasi 3 jam 10 menit ini menceritakan tentang kisah keluarga Sully (Jake, Neytiri, dan anak-anaknya) dalam menjaga keamanan satu sama lainnya. Dalam perjalanannya, Jake merasa terganggu dengan beroperasinya penambangan RDA.

Kemudian, Sully terpaksa kembali ke Pandora untuk menemui Neytiri dan anak-anaknya untuk pergi ke sebuah pelabuhan yang aman di dekat terumbu karang. Di sana, Sully menemukan klan baru yang tidak pernah dikenal sebelumnya.

Tempat tersebut adalah tempat yang sangat berbeda dengan kehidupan di hutan. Sebab, tidak ada hujan ataupun air di sana. Selain itu, Sully dan keluarganya harus berperang dengan tentara Na’vi demi melindungi planetnya.

error: Content is protected !!