Awas Berlebihan Beri Susu, Kenali Tanda Saat Si Kecil Sudah Kenyang

portalutama.com – Bayi Minum Susu/ Foto: Shutterstock

Dream – Perut bayi ukurannya sangat mungil dan akan bertambah seiiring bertambahnya usia. Saat mereka belum bisa berbicara dengan jelas, tentunya tak bisa memberi tahu secara verbal ketika perutnya sudah kenyang.

Sebagai orangtua, kita pun cenderung takut kalau si kecil kehausan dan kelaparan, sehingga terus menerus memberikan susu. Terkadang yang terjadi malah bayi muntah dan menolak saat diberikan ASI atau susu formula.

Sebenarnya, ada tanda-tanda jelas yang bisa membantu orangtua mengetahui saat bayi sudah kenyang. Bayi biasanya akan memalingkan kepala dari payudara atau botol tertidur. Ada beberapa kondisi di mana orangtua melewatkan tanda tersebut.

“ Kadang-kadang orangtua akan membuat lubang dot lebih lebar, sehingga mereka dapat memberi makan bayi lebih cepat, yang dapat membuat bayi kewalahan dan membuat mereka kenyang sebentar,” kata Linda Palmer, seorang Doctor of Chiropractic dan penulis buku Baby Poop.

Palmer menekankan orangtua sebaiknya memberi makan bayi mereka susu atau susu formula secara teratur setiap dua jam sekali. Memberi susu dengan porsi sedikit atau berlebihan bisa membuat pencernaan bayi bermasalah.

Penting untuk memperhatikan kebiasaan menyusu bayi. Bila si kecil mulai bermain-main dengan dot atau puting payudara, pertanda kalau ia sebenarnya ingin bermain dan dekat dengan ibu.

© Shutterstock

Terutama jika anak mulai memainkan ludah, mengeluarkan gas, menyusu sambil tertawa dan mengoceh, tetapi masih kembali ke payudara/ botol. Hal tersebut biasanya tanda anak sudah kenyang, tapi hanya ingin bermain.

“ Itu adalah tanda untuk mengalihkan perhatian bayi melakukan sesuatu yang lain, bisa dengan bermain ciluk ba, membaca buku atau bernyanyi bersama,” ujar Linda.

Sumber: Fatherly