7 Cara Alami Mempercepat Penyembuhan Luka Caesar

portalutama.com – Pasca caesar, Mama biasanya akan mendapat beberapa jahitan di area bawah perut. Jahitan ini dilakukan untuk menutup luka bekas sayatan, baik di rahim maupun di perut.

Nantinya, setelah diperbolehkan pulang ke rumah, Mama harus merawat luka caesar ini dengan baik, supaya poses penyembuhan berlangsung lebih cepat. Jika tidak, tentu akan ada risiko yang mungkin dialami, mulai dari perdarahan, terbukanya jahitan, infeksi, hingga masalah lain yang bisa menyebabkan pemulihan tubuh jadi terhambat.

Berutungnya, ada beberapa cara alami yang bisa Mama lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka caesar tersebut. Karena alami, cara ini tentunya aman dan minim efek samping.

Berikut rangkumkan 7 cara alami mempercepat penyembuhan luka caesar, dilansir dari berbagai sumber.

1. Bersihkan dan keringkan luka setiap hari

Tiga hingga empat hari pasca operasi caesar, dokter akan memperbolehkan Mama untuk pulang ke rumah. Jika biasanya Mama dibantu perawat di rumah sakit untuk membersihkan luka, saat di rumah semua harus dilakukan sendiri ya.

Pada kondisi ini, biasanya luka akan ditutup dengan perban untuk menghindari terjadinya infeksi. Karena itu, untuk membersihkannya, Mama perlu berhati-hati dan melakukannya dengan lembut. Jika tidak, perekat pada perban dikhawatirkan akan menempel dan menyebabkan luka caesar jadi terbuka.

Jangan lupa, setelah dibersihkan Mama juga harus mengeringkannya ya!

2. Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman

Menurut National Health Service, setelah menjalani operasi caesar, sebaiknya perempuan memilih pakaian yang longgar dan nyaman. Ini berguna agar sirkulasi udara dan darah di tubuh menjadi lancar, serta menghindari area luka bekas sayatan menjadi lembap. Dengan begitu, diharapkan luka caesar bisa lebih cepat kering dan sembuh.

Mama bisa pilih pakaian dengan bahan yang lembut dan menyerap keringat, seperti katun atau linen. Jika ingin menggunakan pakaian dalam, pilihlah ukuran yang sesuai agar tidak terlalu ketat dan menyebabkan tekanan berlebih di area perut

Editors’ Picks

3. Istirahat yang cukup

Istirahat jadi satu hal yang penting untuk mendukung pemulihan tubuh pasca melahirkan. Dengan beristirahat, Mama bisa mengembalikan energi, sehingga tubuh jadi lebih sehat dan penyembuhan luka operasi caesar jadi lebih optimal.

Meskipun terkadang tidak ada waktu istirahat karena mengurus si Kecil, Mama tetap harus melakukannya ya. Mintalah bantuan dari orang terdekat untuk sementara waktu mengurus bayi dan cobalah untuk tidur meski hanya sebentar.

4. Jalan kaki agar tetap bugar

Cara alami mempercepat penyembuhan luka caesar berikutnya yaitu Mama bisa berjalan kaki agar tetap bugar. Tidak perlu jauh, cukup lakukan ini di sekitaran rumah saja ya.

Berjalan kaki bisa bantu mengurangi risiko pembekuan darah dan masalah pembuluh darah lainnya. Ini tentu bisa jadi salah satu cara alternatif, agar tubuh Mama tetap sehat dan luka bekas operasi lebih cepat sembuh.

5. Perhatikan tanda-tanda infeksi pada luka caesar

Perhatikan tanda-tanda infeksi pada luka caesar. Ini berguna untuk mendeteksi dini masalah infeksi, sehingga Mama bisa cepat mendapatkan pertolongan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Melansir dari Medical News Today, tanda-tanda infeksi pada luka caesar berupa pembengkakan, nyeri, keluarnya darah dan nanah, serta kemerahan di kulit sekitar jahitan. Selain itu ada juga tanda lain seperti demam tinggi, perdarahan vagina, nyeri saat buang air kecil atau besar, mengalami sembelit, hingga muncul benjolan di area perut.

6. Menghidrasi tubuh dengan perbanyak minum air putih

Menurut Motherly, minum air putih dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat melahirkan. Selain itu, minum air putih yang cukup akan membuat tubuh lebih sehat, sehingga pemulihan tubuh dan penyembuhan luka caesar jadi lebih optimal.

Mama sangat disarankan untuk mengonsumsi lebih dari delapan gelas air putih setiap harinya setelah melahirkan. Tapi nggak hanya air putih, memenuhi cairan tubuh juga bisa dilakukan dengan minum jus atau smoothie ya.

7. Menghindari konstipasi dengan makan makanan tinggi serat

Perubahan hormon, pelemahan otot perut dan terlalu sering berbaring bisa menyebabkan tubuh mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Konstipasi ini bisa menimbulkan rasa sakit dan kita dengan refleks akan mengejan.

Tanpa disadari, kondisi tersebut bisa menyebabkan tekanan berlebih di area bekas luka operasi caesar. Karenanya, Mama harus menghindari konstipasi dengan makan makanan tinggi serat. Caranya bisa dengan mengonsumsi sayuran yang sudah dimasak, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Demikian tadi, 7 cara alami mempercepat penyembuhan luka caesar. Semoga informasi ini bisa bemanfaat ya Ma!