5 Posisi Menyusui yang Nyaman saat Mama Sakit Pinggang

portalutama.com – Dilansir dari dhmgblog.dignityhealth.org, menyusui dapat berdampak buruk pada tubuh, terutama punggung bagian bawah. Maka dari itu Mama harus memilih posisi yang aman dan nyaman agar punggung tidak sakit.

Apalagi bagi Mama yang baru saja melahirkan caesar, mungkin saja mengalami rasa sakit pada bagian perut. Terdapat beberapa posisi yang aman bagi Mama yang sakit pinggang dan melahirkan secara caesar.

Simak, rangkuman mengenai 5 Posisi Menyusui yang Nyaman saat Mama Sakit Pinggang.

1. Duduk dengan lutut ditekuk pada sudut 90 derajat

Kalau Mama memiliki bangku menyusui dapat membantu untuk posisi yang satu ini, terutama jika kursi atau sofa yang diduduki cukup tinggi sehingga tidak memungkinkan kaki Mama menyentuh lantai.

Jika Mama tidak memiliki bangku menyusui, bangku kaki apa pun dapat digunakan untuk mencoba posisi ini.

Mama juga dapat menempatkan bantal di belakang punggung sehingga dapat membantu menjaga punggung dan lutut dengan posisi yang tepat.

Editors’ Picks

2. Posisi cradle hold

Dilansir dari verywellfamily.com, posisi ini sama seperti gaya biasanya yaitu dengan menggendong bayi dilengan ibu dan di payudara ibu.

Namun, yang membedakan hanya kedua kaki ibu bisa dinaikkan ke bangku sehingga sejajar dengan pinggul ketika ibu duduk di kursi yang nyaman seperti sofa, kursi santai, dan kursi goyang.

Posisi ini dapat mendekatkan bayi dengan Mama saat digendong sehingga mencegah Mama untuk mencodongkan tubuh ke depan dan membungkuk di atas bayi karena keduanya dapat menyebabkan ketegangan pada punggung dan leher.

3. Mama dapat berbaring miring

Mama dapat mencoba berbaring miring dengan lengan bawah terentang di atas kepala untuk menopang punggung saat Mama berbaring. Tambahkan bantal tipis yang nyaman di bawah kepala Mama, karena bantal tersebut akan menopang leher dan kepala Mama.

Letakkan bantal di antara lutut dalam posisi ini serta bantal di belakang punggung menopang seluruh tubuh, hal ini dapat membuat Mama menjadi rileks.

Dalam posisi ini, bayi harus berbaring di tempat tidur menghadap Mama dengan posisi hidung sejajar dengan puting payudara Mama ya.

4. Baringkan perut Mama ke perut bayi

Posisi ini dapat membantu menghilangkan ketegangan pada punggung bawah Mama. Gunakan bantal untuk menopang lengan dan kepala saat Mama berbaring.

Mama dapat mencoba berbagai jenis bantal untuk menemukan posisi yang nyaman.

Sama seperti posisi berbaring miring, tubuh Mama harus benar-benar rileks dan bebas dari ketegangan.

5. Posisi football hold

Dilansir dari verywellfamily.com, posisi ini sangat baik untuk digunakan ketika menyusui bayi yang baru lahir dan dapat mengurangi beban sayatan akibat proses lahiran caesar.

Seperti namanya, posisi ini seperti Mama menggendong sepak bola.

Mama dapat menggendong bayi dalam posisi duduk tegak di sofa atau kursi. Mama juga dapat menambahkan bangku untuk kaki agar lebih nyaman dan dapat menambahkan bantal menyusui di samping Mama sehingga bayi dekat dengan payudara.

“Bayi berada di atas bantal, kepala ke depan, di belakang, atau di samping menghadap ibu,” kata Dr. Abramson Levine yang dilansir dari verywellfamily.com.

Demikian, 5 posisi yang aman untuk mengatasi sakit pada punggung Mama. Semoga membantu ya, Ma.