2 Minuman Menyegarkan yang Cocok Menurunkan Tekanan Darah

portalutama.com – Saat mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi , risiko masalah kesehatan seperti penyakit jantung atau stroke akan meningkat.

Oleh karenanya, tekanan darah harus dikendalikan agar tubuh tetap sehat.

Salah satu cara efektif mengendalikan tekanan darah adalah memerhatikan apa yang kita makan saat sarapan.

Ternyata, teh hibiscus atau teh kembang sepatu dan jus delima dipercaya mampu menurunkan tekanan darah di pagi hari.

Minuman yang bermanfaat menurunkan tekanan darah

Lauren Harris-Pincus, MS, RDN, ahli diet dan penulis The Everything Easy Prediabetes Cookbook mengatakan jika dua jenis minuman tersebut memang bermanfaat untuk penderita darah tinggi.

“Minuman sarapan yang dapat menurunkan tekanan darah kita yaitu secangkir teh hibiscus,” kata Pincus

“Lalu jika menginginkan lebih banyak manfaat kesehatan tambahan, kita dapat mengombinasikan teh hibiscus dengan jus delima.”

Manfaat teh hibiscus

” Teh hibiscus bisa menjadi minuman yang menenangkan di pagi hari dengan bonus tambahan berupa penurunan tekanan darah,” sambung Pincus.

Studi menemukan, teh hibiscus dapat menurunkan kadar tekanan darah pada individu dengan pra-hipertensi atau hipertensi stadium 1.

“Satu studi menunjukkan, subjek yang minum tiga cangkir teh hibiscus per hari mengalami penurunan kadar yang serupa dengan beberapa obat standar,” jelasnya.

Dalam studi yang dimuat di Tufts University Health & Nutrition Letter, peneliti memantau tingkat tekanan darah orang dewasa dengan pra-hipertensi atau hipertensi ringan.

Semua peserta berusia antara 30 dan 70 tahun.

Para peserta yang minum tiga cangkir teh hibiscus sehari selama enam minggu diketahui mengalami penurunan tekanan darah rata-rata 7,2 poin.

Angka ini, menurut peneliti, tidak akan jauh berbeda jika para peserta diberi obat.

Peneliti utama di tim studi ini menyebutkan, penurunan tekanan darah sekitar 7 poin sudah lebih dari cukup untuk memberikan dampak jangka panjang.

Pasalnya, penurunan tekanan darah sebesar 3 poin disebut dapat mengurangi risiko kematian pada pasien.

Studi lain di tahun 2019 yang dimuat dalam The Journal of Advanced Pharmaceutical Technology & Research menemukan minum teh hibiscus dua kali sehari dapat menurunkan kadar tekanan darah pada penderita hipertensi tahap 1.

Jus delima juga bermanfaat mengurangi tekanan darah

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam Atherosclerosis Journal, pasien hipertensi mampu menurunkan tekanan darah hingga lima persen dengan mengonsumsi jus delima setiap hari.

“Jus buah delima mengandung antioksidan polifenol, dan buah delima utuh mengandung lebih dari satu jenis polifenol,” kata Pincus.

“Kulit buah delima merah tua mengandung antosianin, sedangkan kulit dan empulur putih yang mengelilingi aril memiliki elagitanin.

Beberapa antioksidan tersebut menjadikan buah delima sebagai sumber gizi yang baik, khususnya untuk menurunkan tekanan darah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!