16 Barang yang Harus Mama Bawa ke Rumah Sakit saat akan Melahirkan

portalutama.com – Biasanya ketika mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL), Mama pastinya perlu mempersiapkan beberapa barang yang harus dibawa untuk persiapan persalinan ketika di rumah sakit. Tentunya tidak hanya barang untuk Mama saja, melainkan barang untuk Papa dan bayi harus diperhatikan.

Lalu apa saja ya daftar barang-barang tersebut? Berikut rangkuman mengenai 16 daftar barang yang harus Mama bawa untuk persiapan kelahiran di rumah sakit.

1. Pakaian

Umumnya, pihak rumah sakit menyediakan pakaian untuk pasien rawat inap, tapi untuk berjaga-jaga sebaiknya Mama tetap menyiapkan pakaian ganti sekiranya untuk 3 hari kedepan dan untuk pulang. Mama dapat memilih pakaian yang bahannya menyerap keringat, nyaman, dan tentunya busui friendly ya.

Namun, pakaian yang harus dibawa tidak hanya pakaian untuk Mama saja ya, melainkan Papa juga butuh pakaian ganti ketika menunggu Mama di rumah sakit. Jangan lupakan pakaian dalam untuk berganti.

Lalu, jika diperlukan, Mama dapat membawa kaus kaki dan alas kaki yang nyaman untuk aktivitas berjalan sebelum persalinan tiba.

2. Skincare dan Makeup

Meskipun Mama sedang di rumah sakit, akan tetapi wajah harus tetap dirawat dan tentunya makeup agar tetap terlihat fresh. Mama dapat membawa makeup yang simple jika diperlukan untuk pemotretan ketika setelah bersalin dan ketika para kerabat menjenguk. Pastinya Mama tetap ingin terlihat on-point kan?

3. Pembalut khusus Ibu melahirkan

Mama akan mengalami masa nifas (darah yang keluar dari rahim selama 40 hari) dan tentunya membutuhkan pembalut. Darah yang keluar akan sangat banyak karena rahim Mama sedang dalam proses menyusut ke bentuk semula. Mama dapat memilih pembalut khusus ibu melahirkan yang memiliki daya serap tinggi seperti:

4. Aksesoris

Aksesoris gadget tentu diperlukan apalagi jika Mama dan Papa ingin mengabadikan kenangan ketika melahirkan si kecil pastinya baterai handphone akan cepat habis. Mama harus membawa handphone dan kamera beserta chargernya.

Selain itu, aksesoris lainnya adalah ikat rambut dan jepitan untuk rambut. Bagi Mama yang memiliki rambut panjang tentunya dapat mengganggu ketika persiapan persalinan dan ketika mandi. Satukan semua aksesoris di dalam satu tas yang simple agar mudah untuk ditemukan.

5. Korset

Walaupun barang satu ini tidak terlalu wajib, untuk berjaga-jaga Mama dapat membawanya untuk membantu memulihkan kembali otot di area perut dan pinggang.

Terutama bagi Mama yang melahirkan secara caesar biasanya korset sangat membantu ketika perut terasa sangat nyeri. Namun, tetap konsultasikan dahulu dengan dokter ya, Ma.

6. Pompa ASI

Bawalah pompa ASI untuk berjaga-jaga karena dalam proses menyusui Mama bisa saja menemukan beberapa halangan seperti persalinan caesar biasanya ASI tidak langsung keluar dan kondisi bayi harus masuk ke NICU sehingga tidak dapat dirawat bersamaan dengan Mama, dan lain-lainnya. Mama dapat membawa pompa ASI beserta peralatannya seperti botol dan kantong ASIP.

7. Dokumen surat

Beberapa berkas untuk keperluan bersalin merupakan salah satu hal yang penting lho, Ma. Dokumen tersebut berupa KTP, asuransi, dan BPJS.

Pasalnya dokumen tersebut dapat diserahkan untuk kepentingan syarat administrasi rumah sakit yang akan dikumpulkan bersama dengan catatan kehamilan, surat rujukan, dan lain-lainnya.

Editors’ Picks

8. Peralatan kebersihan

Kebersihan merupakan hal yang harus tetap dijaga dimana pun kita berada sepetri masker, tisu kering, tisu basah, dan hand sanitizer.

9. Pakaian bayi

Jangan lupakan si kecil yang menjadi tujuan Mama dan Papa ke rumah sakit ya. Pakaiannya wajib dibawa dan sekiranya Mama dapat menyiapkan pakaian bayi untuk 3-4 hari.

Siapkan setidaknya 6 setel pakaian, selimut, kaus kaki, sarung tangan, kain bedong, dan topi.

10. Peralatan mandi bayi

Siapkan peralatan mandi untuk bayi beserta perawatannya seperti sabun, sampo, minyak telon, krim ruam, kapas, tisu basah, dan handuk ya.

11. Popok

Siapkan popok untuk berjaga-jaga jika rumah sakit tidak menyediakan ya, Ma. Mama dapat memilih popok untuk newborn dengan kualitas yang terbaik karena bayi yang baru lahir rentan dan sangat sensitif. Mama dapat membeli Popok Newborn dari berbagai merek seperti:

12. Gendongan

Siapkan gendongan, stroller, dan car seat agar memudahkan Mama dan Papa ketika ingin menggedong bayi serta memudahkan ketika membawa bayi pulang ke rumah.

13. Snack dan air minum

Siapkan camilan untuk Papa ketika berjaga menemani Mama di rumah sakit. Selain itu, air minum juga perlu disiapkan karena air yang disediakan rumah sakit tidak cukup untuk Mama dan Papa selama di sana.

14. Hiburan

Papa dapat membawa buku, game, atau laptop agar tidak bosan ketika menunggu waktu persalinan.

15. Bantal

Meskipun biasanya rumah sakit sudah menyediakan bantal, akan tetapi lebih nyaman jika menyiapkan bantal dari rumah untuk Mama dan Papa untuk berjaga-jaga.

16. Minyak pijat

Jangan lupakan satu ini, yaitu minyak pijat untuk pijat prenatal agar Mama merasa rileks atau pijat oksitosin untuk memperlancar ASI.

Nah, itu dia rangkuman mengenai 16 barang yang harus Mama bawa ke rumah sakit. Jangan sampai ada yang terlewat ya, Ma.