10 Rekomendasi Susu Formula untuk Anak Gizi Buruk

portalutama.com – Jika mendengar kata gizi buruk, tentunya yang ada dibayangan Mama adalah anak dengan badan kurus. Namun, persepsi ini kurang tepat, Ma. Sebab, anak yang mengalami gizi buruk bisa juga memiliki tubuh yang pendek.

Ada tiga indikator yang bisa menjadi acuan dalam menentukan status gizi anak mama, yakni berat badan menurut umur, berat badan menurut tinggi badan, dan tinggi badan menurut umur.

Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi gizi, baik faktor tidak langsung seperti pola asuh dan lingkungan maupun faktor langsung, misalnya kurangnya infeksi penyakit dan asupan makan.

Namun, bagaimana bila anak terlanjur mengalami gizi buruk? Jika sudah demikian, Mama wajib memenuhi kebutuhan nutrisinya agar tercukupi. Selain dengan makan makanan yang sehat dan bernutrisi, Mama juga bisa memberikan susu formula yang cocok untuk si Kecil.

Nah, biar Mama tidak bingung, berikut berikan 10 rekomendasi susu formula untuk anak gizi buruk. Yuk, disimak!

1. Bebelac 3

Dengan harga Rp326.300 per 1800 gram susu, Mama bisa mendapatkan susu formula untuk anak gizi buruk dari Bebelac 3. Anak mama akan mendapatkan banyak manfaat dengan mengonsumsi susu formula ini.

Mengusung susu pertumbuhan dengan nutrisi lengkap tepat untuk dukung Happy Tummy, Happy Brain, Happy Heart, Bebelac 3 memiliki kandungan FOS:GOS 1:9 yang dapat menjaga pencernaannya.

Selain itu, ada pula minyak ikan, omega 3, omega 6, 13 vitamin & 9 mineral, dan kalsium. Kandungan-kandungan tersebut dapat mendukung pertumbuhan anak mama secara optimal.

2. Dancow 1+ Imunutri

Dancow 1+ Imunutri merupakan susu formula usia 1-3 tahun yang baik untuk anak gizi buruk. Dengan harga Rp117.600 per 800 gram, anak mama bisa mendapatkan nutrisi Lactobacillus rhamnosus yang dapat melindungi saluran pernapasan, daya tahan tubuh, dan saluran pencernaan.

Tidak hanya itu, susu formula ini juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti DHA, vitamin A, D, E, K, B kompleks, C, selenium, zinc, omega 3, dan omega 6, dan masih banyak kandungan lainnya yang dapat menjaga lebih baik lagi perkembangan tulang, gigi, otak hingga retina anak mama.

3. Enfagrow A+3

Salah satu susu formula untuk anak gizi buruk yang dapat dikonsumsi anak usia 1-3 tahun selanjutnya adalah Enfagrow A+3. Mama bisa mendapatkan susu ini dengan harga Rp149.900 per 400 gram.

Enfagrow A+ 3 memiliki rasa yang tidak terlalu manis saat dikonsumsi, sehingga sangat cocok bagi anak mama yang tidak suka manis.

Kandungan Beta-Glucan dan GOS yang terdapat dalam susu dapat memperkuat saluran pencernaan. Selain itu, ada pula kandungan omega 3, omega 6, dan DHA yang sangat penting untuk otak anak mama, serta vitamin B dan zat besi yang mampu mencukupi kebutuhan harian si Kecil.

4. Enfamil A+ Gentle Care

Susu formula yang bisa dikonsumsi untuk anak gizi buruk selanjutnya adalah Enfamil A+ Gentle Care. Susu ini mengandung protein 50% lebih halus, sehingga mudah dicerna.

Selain itu, dengan harga Rp155.000 per 400 gram susu, anak mama akan mendapatkan nutrisi yang cukup, seperti zat besi, kalsium, vitamin A, C, & B kompleks, dan asam folat yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Editors’ Picks

5. Frisian Flag Primagro 1+

Frisian Flag Primagro 1+ memiliki tiga varian rasa susu rendah gula, yaitu rasa vanilla, madu, dan cokelat. Susu formula untuk anak gizi buruk ini mengandung asam sialat dan Sphingomyelin yang berguna untuk memaksimalkan memori otak anak.

Kandungan AAE (9 asam amino esensial), minyak ikan 0.47%, omega 3&6, DHA, protein yang tinggi, kalsium, magnesium, vitamin D3, dan zat besi dapat membantu tumbuh kembang optimal anak mama.

Frisian Flag Primagro 1+ ini biasa dijual dengan harga Rp299.400 per 2 kg susu.

6. Morinaga Chil Kid Platinum

Morinaga Chil Kid Platinum mengandung nutrisi alfa laktalbumin, AA & DHA, kolin, zat besi, omega 3, omega 6, dan fosfolipid yang bermanfaat untuk membentuk fungsi otak.

Tidak hanya itu, dalam susu formula untuk anak gizi buruk satu ini juga terdapat kandungan nukleotida, prebiotic GOS, dan probiotic triple bifidus yang dapat memperkuat dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Dengan demikian, si Kecil akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan terhindar dari infeksi akibat virus dan bakteri.

Kandungan kalsium, vitamin D, magnesium, whey protein, dan beta palmitat pada susu formula ini juga membantu pertumbuhan anak mama secara optimal lho, Ma.

Soal harga, Mama tidak perlu khawatir karena Morinaga Chil Kid Platinum dijual dengan harga Rp141.000 per 400 gram susu. Harga tersebut tentu sebanding dengan banyaknya manfaat yang bisa Mama dapatkan untuk kesayangan Mama.

7. S-26 Procal Gold

Susu formula ini diperuntukkan bagi anak usia 1-3 tahun. Mengandung omega 3&6, kolin, zat besi, protein, alfa laktalbumin, oligofruktosa, vitamin C, selenium, dan zinc susu formula S-26 Procal Gold bisa memenuhi nutrisi si Kecil dalam mendukung tumbuh kembangnya.

Tidak hanya itu, susu ini ternyata juga dilengkapi dengan new improved formula Multiexcel guna membantu kemampuan belajar si Kecil, Ma.

Untuk mendapatkan susu ini, Mama hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp291.000 per 1 kaleng susu dengan berat 900 gram.

8. S-26 Procal Nutrissentials

Rekomendasi susu formula untuk anak gizi buruk berikutnya adalah S-26 Procal Nutrissentials.

Susu dengan dua varian rasa, yakni vanilla dan madu, dapat mendukung langkah awal dan menjadi fondasi belajar anak mama. Dengan melengkapi nutrisi esensialnya secara komprehensif, Mama juga dapat menstimulasi si Kecil dengan tepat.

Dengan formula yang mengandung kolin, asam linoleat, vitamin B12, dan protein, susu formula ini sangat baik dikonsumsi guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak mama. Kandungan zat besi, zinc, dan asam folat yang terdapat dalam S-26 Procal Nutrissentials juga dapat menjaga imunitas dan fisik si Kecil, sehingga tidak mudah sakit.

Ada pula kandungan kalsium, vitamin D, dan vitamin K yang akan membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan giginya.

Dengan harga Rp115.200 per 400 gram, anak mama bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan.

9. SGM Eksplor 1+

SGM Eksplor 1+ merupakan susu formula yang baik untuk anak gizi buruk. Dengan harga mulai dari Rp80.000 per 900 gram susu, anak mama bisa mendapatkan nutrisi Iron C, yaitu kombinasi zat besi dan vitamin C dalam mendukung penyerapan nutrisi si Kecil dengan maksimal.

Kandungan omega 3 dan omega 6, protein, vitamin D, serat pangan, dan zat besi yang terdapat dalam SGM Eksplor 1+ berfungsi untuk melindungi tubuh anak mama dari berbagai penyakit, mencegah gangguan permanen pada sistem motorik dan sensorik, meminimalkan terhambatnya pertumbuhan fisik, serta memaksimalkan kemampuan anak Mama dalam berpikir.

10. Vidoran Xmart 1+

Yang terakhir, susu formula untuk anak gizi yang bisa si Kecil konsumsi guna menyeimbangkan nutrisinya adalah Vidoran Xmart 1+. Susu ini diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod) yang mengandung omega 3&6, inulin, tinggi protein, sumber 12 vitamin, serta 8 mineral guna membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak mama.

Dengan harga Rp69.800 per box isi 950 gram, si Kecil juga akan mendapatkan manfaat kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, adanya kandungan asam lemak esensial (asam linoleat) dan protein sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Itulah rekomendasi susu formula untuk anak gizi buruk yang bisa Mama berikan kepada si Kecil. Semoga informasi tadi bermanfaat dan bisa membantu meningkatkan gizi anak mama, ya!