Wapres serahkan dua Penghargaan Proper Emas ke PT Timah

portalutama.com – Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin menyerahkan dua penghargaan Proper Emas kepada PT Timah Tbk, karena berhasil menjalankan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) 2022.

“Saya mengapresiasi semua perusahaan yang telah berkomitmen dalam melakukan pengelolaan lingkungan dalam menjalankan proses bisnisnya,” kata K.H. Ma’ruf Amin dalam keterangan pers yang diterima Antara di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kriteria penilaian Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) 2022 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) semakin tahun makin kompleks tahun ini penilaian mencakup penilaian daur hidup dan pelaksanaan inovasi sosial dan kepemimpinan hijau.

“Saya berharap semakin banyak perusahaan yang menjadi agen perubahan untuk ikut menjaga lingkungan dan mengurangi dampak lingkungan,” ujarnya.

Ia menyebutkan perusahaan yang mengikuti penilaian PROPER semakin meningkat, hal ini berarti semakin banyak perusahaan yang berperan dalam pengelolaan lingkungan. Upaya inovasi sosial yang dilakukan diharapkan dapat terus berkesinambungan sehingga bisa memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Selamat kepada perusahaan penerima PROPER terutama peringkat emas, kinerja perusahaan terbukti menjadi terdepan dalam pengelolaan lingkungan. Saudara adalah inspirasi dan motivasi bagi perusahaan lainnya untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan,” kata Wapres.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya dalam laporannya mengatakan tahun ini, Kementerian KLHK melakukan penilaian terhadap 3200 unit entitas usaha.

Sebanyak 51 perusahaan meraih peringkat Emas, 170 perusahaan meraih peringkat hijau, sebanyak 2031 perusahaan peringkat biru dan 887 peringkat merah, dua perusahaan meraih peringkat hitam dan 59 perusahaan yang tidak diumumkan.

“Proper merupakan program penilaian terhadap kinerja lingkungan perusahaan atas upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Dengan tujuan untuk mendorong dunia usaha dapat meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan,” katanya.

Siti Nurbaya melanjutkan, penilaian proper dilakukan Dewan Pertimbangan Proper yang imparsial dan independen yang terdiri dari unsur akademisi dan tokoh masyarakat.

“Dengan variabel penilaian yang terus berkembang setiap tahunnya seperti inovasi sosial dan lainnya. Tahun ini ada kriteria baru yakni Green Leadership,” katanya.

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Abdullah Umar Baswedan mengatakan penghargaan Proper Emas ini diraih oleh PT Timah Tbk Unit Metalurgi Muntok dan PT Timah Tbk Wilayah Operasi Kepri dan Riau.

“Dengan bertambahnya raihan Proper Emas di tahun ini merupakan usaha konkret PT Timah Tbk sebagai perusahaan pertambangan untuk menjadi lebih baik dalam pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” ucap Abdullah UmarBaswedan.

error: Content is protected !!