Wapres Ma’ruf Amin Perkirakan Belanja Fesyen Muslim Global Capai Rp4.842 Triliun di 2024

portalutama.com – JAKARTA, Wakil Presiden Ma’ruf Amin memperkirakan belanja fesyen muslim global akan mencapai 311 miliar dolar AS atau setara Rp4.842 triliun pada 2024. Menurutnya, bisnis fesyen muslim merupakan bisnis yang hidup, bernilai besar, dan memiliki prospek yang cerah.

Selain itu, populasi muslim dunia akan terus bertumbuh, di mana pada tahun 2030, 26 persen penduduk bumi diperkirakan beragama Islam.

“Itulah mengapa bisnis ini kian menarik perhatian banyak negara, bahkan negara yang penduduk muslimnya sangat sedikit,” ujar Ma’ruf saat menbuka Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis (20/10/2022).

Ma’ruf menambahkan, pada tahun 2016-2017, pengeluaran wanita muslim global untuk fesyen mencapai 44 miliar dolar AS. Sementara, industri fesyen muslim dalam negeri pada tahun 2021 tumbuh 18,2 persen dengan total konsumsi mencapai Rp300 triliun.

Untuk memajukan industri fesyen muslim Indonesia, Wapres menyebut diperlukan kerja bersama pemerintah, pengusaha, desainer, pesohor, termasuk atlet yang dapat turut mempromosikan produk fesyen hijab di ajang olahraga internasional.

“Jadilah yang terdepan dalam promosi fesyen muslim secara digital, agar negara lain yang tertarik dan melakukan riset di bidang fesyen muslim dapat memperoleh informasi selengkap-lengkapnya tentang industri fesyen muslim di Indonesia,” ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

error: Content is protected !!