Usaha Apple Pie d’kokimo Berawal dari Hobi Kuliner

portalutama.com – Usaha kecil rumahan yang menjajakan makanan homemade yang unik semakin beragam, salah satunya d’kokimo yang hadir dengan produk apple pie .

Pemilik d’kokimo, Andriani Prasasti menyampaikan, bahwa usaha asal Bekasi yang mulai hadir sejak 2019 ini berawal dari hobi kuliner bersama sang suami, Denny Setiawan.

“Kita suka jajan ya, sekitar 2009 kita sering jajan di bazar-bazar, di mall, atau kegiatan promo kuliner. Sempat suatu ketika, kita dapat promo produk apple pie . Bagi kita waktu itu apple pie masih asing dan unik, tapi ternyata enak,” tutur Andriani pada kesempatan wawancaranya bersama Kompas.com, Sabtu (10/12/2022).

Cocok dengan rasa snack apple pie tersebut, Andriani pun rutin membelinya. Hal ini kemudian menginspirasinya untuk mencoba membuat sendiri camilan itu di rumah.

Ia mengaku, proses membuat apple pie tidak semudah yang dibayangkan dan beberapa kali gagal.

Dengan menggunakan resep orang lain yang ditemukannya, Andriani terus berupaya hingga menemukan resep apple pie yang tepat buatannya sendiri.

Andriani kemudian mulai membawa olahan apple pienya itu untuk dicicipi sanak keluarga, tetangga, dan teman kantornya.

“Responsnya ternyata bagus. Kadang, ada juga yang memberi saran atau masukan, misalnya kemanisan. Dari situ, kita coba utak-atik resep,” ujar Andriani.

Setelah proses panjang hingga menemukan resepnya sendiri, Andriani mulai berpikir untuk mengambangkan hobi dan kemampuannya tersebut sebagai sebuah bisnis pada 2018.

“Saat sebelum pandemi itu, saya memutuskan untuk resign dan untuk mengisi aktivitas, saya mencoba untuk menjual si apple pie yang favorit di rumah ini. Akhirnya kita berani untuk mencoba,” ungkap Andriani.

Ia mengaku, pada awalnya apple pie buatannya itu dipasarkan ke sanak saudara dan teman saja. Namun, respona positif dari teman-temannya membuat Andriani dan Denny mulai masuk ke dalam ranah marketplace untuk menjual produknya.

Saat ditanya perihal daya tarik dan kelebihan apple pie d’kokimo dibandingkan apple pie lain di pasaran, Andriani menyampaikan bahwa hal tersebut sebenarnya kembali kepada selera konsumen.

Namun, menurutnya, mungkin rasa manis dari pie d’kokimo diupayakan agar lebih alami dari buah apel segar.

“Untuk masalah selera, tiap orang pasti berbeda. Mungkin apple pie yang dulu kita sering beli rasanya lebih ke manis, jadi setelah utak-atik resep sendiri, kita bisa menemukan resep agar pie ini manisnya dari buah apel saja dan bukan karena tambahan gula yang banyak,” tutur Andriani.


Tipikal kulit pie d’kokimo juga menurutnya lebih crispy atau garing, sehingga, akan cocok untuk orang-orang yang lebih menyukai tekstur renyah.

Sampai saat ini, d’kokimo masih memanfaatkan penjualan secara online atau pesanan langsung dari teman atau kerabat. Mereka belum memiliki toko fisik sendiri.

Hal tersebut juga sehubungan dengan penjualan produk d’kokimo yang menggunakan sistem preorderm sehingga tidak bisa memiliki produk yang ready stock. Semua harus dibuat fresh sesuai pesanan yang ada.

Selain menjual apple pie, tersedia berbagai varian pie dan menu lain, seperti beef pie, cheese pie, brownies pie, dan brownies loyang dengan beberapa pilihan ukuran.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat . Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales sekarang.

error: Content is protected !!