Uji Ketahanan Indonesia Hadapi Krisis Ekonomi, Jokowi Minta Menteri Lakukan Stress Test

portalutama.com – JAKARTA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri melakukan stress test untuk menguji ketahanan Indonesia menghadapi ancaman krisis ekonomi di 2023.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memimpin sidang kabinet paripurna (SKP), di Istana Negara, yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/10/2022).

Menurut dia, stress test tersebut dulakukan untuk menguju daya tahan Indonesia terkait lonjakan inflasi, nilai tukar rupiah, kebutuhan pangan, hingga komoditas energi.

“Nanti beberapa menteri dan menko akan saya ajak untuk berbicara yang berkaitan dengan stress test, sampai seberapa jauh kekuatan kita kalau badainya itu datang, baik yang berkaitan dengan currency, yang berkaitan dengan inflasi, yang berkaitan dengan growth, yang berkaitan dengan pangan kita, energi kita,” ujar Jokowi dalam arahannya, Rabu (12/10/2022).

Jokowi meminta para menteri terkair untuk mempersiapkan semua rencana dan persiapan untuk mengantisipasi adanya hal buruk yang akan terjadi.

“Semuanya harus kita tes betul, dari plan A, plan B, plan C, plan D, semuanya harus ada, bahkan plan E, semuanya. Yang paling buruk, yang buruk, semuanya harus kita hitung semuanya, sehingga sekali lagi, situasi makin memburuk dan antisipasi dampak di domestik ini harus betul-betul disiapkan,” ungkap Jokowi.

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!