Tren Jalur Karir 2022, Simak Apa Saja Kategorinya

portalutama.com – Perkembangan zaman terjadi begitu cepat, sehingga perlu untuk melakukan penyesuaian diri di berbagai aspek, terlebih dalam karier. Dari segi karier, saat ini nilai IPK dan gelar akademik bukan lagi hal yang utama. Bahkan banyak perusahaan mulai mengesampingkan kedua hal tersebut.

Mereka justru lebih fokus untuk menemukan kandidat yang memiliki skill khusus di satu bidang sesuai kebutuhan perusahaan. Masalahnya, permintaan akan skill dari kandidat pun juga turut berubah seiring perkembangan zaman. Untuk saat ini, kebanyakan kandidat yang diinginkan oleh perusahaan adalah seseorang dengan keterampilan dalam bidang digital.

Lantas, apa saja? Dilansir dari laman emeritus.org, berikut ini beberapa pekerjaan sesuai tren jalur karir yang bakal populer di 2022.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!

1. Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan serta segala hal pembelajaran terkait mesin disebut-sebut bakal sangat diminati di tahun 2022 ini. Sebut saja seperti, software engineer (insinyur perangkat lunak), AI architect (arsitek kecerdasan buatan), machine learning engineer dan sebagainya.

Menurut laporan yang dirilis WeForum di tahun 2020 lalu diperkirakan pada 2025 nanti, sekitar 85 juta jenis pekerjaan akan tergantikan oleh otomatisasi atau robot. Jutaan pekerjaan baru lainnya mungkin juga mulai muncul, namun pembagian kerjanya akan lebih disesuaikan antara manusia dan mesin, serta algoritma.

Ini artinya, para cendekiawan dan pencari kerja harus bersaing dengan robot atau kecerdasan buatan tersebut. Sehingga, diharapkan generasi saat ini bisa lebih fokus dengan peningkatan skill dalam bidang komputer dan pemrograman. Alasannya supaya menjadi kandidat yang jauh lebih kompetitif dan mampu bersaing dalam dunia kerja, terlebih di tahun 2022 ini.

2. Data Science atau Ilmu Data

Data Science

Disinyalir dalam satu sampai lima tahun mendatang, karir di bidang ilmu data atau data scientist juga akan berkembang menjadi tren. Hal ini lantaran, pembuatan data secara global diproyeksikan mengalami pertumbuhan hingga 180 zettabytes lebih di tahun 2025 mendatang.

Belum lagi ketika melihat bisnis saat ini yang sangat berorientasi pada data yang jumlahnya meningkat jutaan lebih. Data-data tersebut berasal dari pelanggan, karyawan, maupun pengguna di berbagai pelosok dunia.

Tentunya perusahaan akan mengandalkan seorang data scientist dalam berbagai keperluan. Dari mulai memecahkan kode, branding produk, mengembangkan strategi marketing hingga meningkatkan pengalaman konsumen. Memiliki skill di bidang analisis statistik akan memudahkan kamu untuk mendapatkan pekerjaan dan membangun karir di masa mendatang.

3. Cybersecurity

Cybersecurity

Cybersecurity atau juga dikenal keamanan siber disebut-sebut juga bakal jadi jalur karir yang akan sangat diminati di tahun 2022. Terlebih jika melihat jumlah penyalahgunaan data pengguna internet dan juga media sosial saat ini yang cukup mengkhawatirkan.

Setidaknya kasus kebocoran informasi dan pelanggaran data pribadi telah menelan korban hingga 533 juta pengguna Facebook yang tersebar di berbagai negara. Sedangkan di sosial media lainnya seperti LinkedIn misalnya data pribadi penggunanya bahkan telah diperjual-belikan di situs-situs ilegal.

Tak tanggung-tanggung, hingga bulan Juni 2021 data pengguna LinkedIn yang telah masuk pasar gelap dan diperjualbelikan mencapai 700 juta dan mungkin masih terus bertambah. Tak heran jika banyak perusahaan kini mulai menyadari betapa pentingnya cyber security demi memberikan perlindungan pada jaringan dan data penggunanya.

Hal inilah yang kemudian memicu munculnya tren karir di bidang ini. Buat kamu yang punya kemampuan dan ketertarikan di dunia keamanan siber, ini bisa jadi jalur karir yang cocok.

4. Sales dan Marketing Digital

Sales dan Marketing Digital

Di tahun 2022, pekerjaan sebagai seorang sales marketing masih tetap dibutuhkan oleh perusahaan. Karena tanpa mereka, perusahaan akan kesulitan untuk memasarkan produk-produk mereka ke calon pelanggan. Hanya saja, seseorang yang berkecimpung di bidang ini harus segera mengikuti perkembangan zaman dengan beralih ke sistem digital.

Profesi ini sendiri termasuk salah satu skill abadi yang sangat penting perannya dalam berbagai sektor. Riset yang dilakukan Forrester memperkirakan, ada sekitar 70% yang berkarir di bidang penjualan akan jauh lebih aktif dalam mengadopsi berbagai strategi digital.

Selain itu, skill pendukung lainnya dalam bidang sales and marketing juga perlu ditingkatkan, diantaranya seperti menulis. Mengapa demikian? Sebab, kemampuan menulis dalam kegiatan promosi menjadi satu hal penting demi meningkatkan pemahaman produk.

Mengingat perkembangan transaksi penjualan baik melalui e-commerce maupun media sosial saat ini cukup pesat. Tentunya, hal ini pun juga mempertimbangkan perubahan gaya hidup para konsumen yang kini memilih beralih berbelanja online.

Hadapi Persaingan Dunia Kerja dengan Skill yang Mumpuni

Melihat tren jalur karir tahun 2022 yang cenderung lebih banyak di karir digital, maka penting untuk mempersiapkan diri lebih matang. Sehingga kamu bisa memiliki daya saing yang tinggi dalam dunia kerja yang dan berpeluang lebih besar. Jangan lupa, imbangi juga dengan attitude yang baik, bertanggung jawab dan fokus dengan pekerjaan. Tetap semangat untuk meng-upgrade kemampuan diri kamu, ya!

error: Content is protected !!