Tips Pilih Produk Jualan yang Diburu Konsumen di Toko Online

portalutama.com – JAKARTA – Bagaimana cara riset untuk temukan jenis produk unggulan yang selalu diburu konsumen di marketplace alias toko online?

Tentunya, bagi Anda yang berperan sebagai reseller atau dropshipper ini menjadi sangat penting untuk memastikan barang yang dijual adalah winning product alias produk unggulan yang berpotensi terjual lebih mudah.

Setelah mengetahui pengertian winning product, riset menjadi langkah yang penting dilakukan untuk mengetahui pasti apa saja produk yang sedang laku dan dibutuhkan oleh pelanggan.

Selain itu, riset produk juga dapat menjadi cara untuk melihat perkembangan kompetitor, sehingga seorang reseller ataupun dropshipper dapat mengembangkan produk dan layanan dengan lebih baik lagi.

Riset sendiri juga sangat penting untuk mendapatkan barang yang laris, berharga murah dan terbaik dari supplier di marketplace guna menghindari barang jadi tidak laku karena produknya kurang diminati pembeli yang bisa menurunkan omzet penjualan toko.

Lantas, seperti apa cara riset produk unggulan bisa dijual kembali secara online dan menghasilkan keuntungan hingga meningkatkan omzet penjualan? Berikut ulasan Bisnis selengkapnya.

1. Manfaatkan Google Trend dan Google Keyword Planner

Gunakan Google Trend untuk mengetahui seberapa banyak orang yang mencari produk dengan kategori winning products.

Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan lokasi pencarian dan rentangan waktu pencarian, hal ini disebabkan karena tren di lokasi satu berbeda dengan lokasi lainnya dan berputarnya tren yang cepat harus disesuaikan dengan tepat agar tidak salah momentum.

Fitur selanjutnya adalah Google Keyword Planner yang dapat digunakan setelah dan sebelum produk ditentukan. Penggunaan sebelum produk ditentukan untuk mencari produk apa yang sering dicari di mesin pencari oleh pelanggan. Penggunaan setelah penentuan produk berfungsi untuk menggunakan keyword yang tepat untuk produk kita sehingga lebih mudah ditemukan dan bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

2. Gunakan Fitur Filter Marketplace

Seorang reseller perlu memanfaatkan fitur marketplace berupa filter, karena dengan fitur tersebut reseller yang ingin menjual produk melalui marketplace bisa melihat produk terlaris dari masing-masing marketplace.

Pasalnya, setiap marketplace memiliki konsumen tersendiri, sehingga hasilnya juga bisa lebih beragam.

3. Lakukan Riset Media Sosial

Melakukan riset media sosial juga dapat membantu seorang reseller ataupun dropshipper dalam menentukan produk. Manfaatkan fitur tagar (#) pada beberapa media sosial seperti utas di Twitter dan story Instagram.

Facebook juga tidak kalah penting dalam mesin pencari, seorang resller dapat mencari produk yang sedang banyak dijual dengan mengandalkan keyword promosi misalnya, “diskon 50 persen all item” atau “Gratis Ongkir”, maka akan muncul beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan untuk menjadi calon produk unggulan alias winning product agar bisa dijual kembali.

4. Lihat Ulasan Produk dari Konsumen

Cara lain untuk mengetahui produk yang sedang laris adalah dengan melihat ulasan produk, baik dalam bentuk tulisan di marketplace, blog maupun video YouTube.

Produk yang banyak mendapat ulasan biasanya menandakan produk tersebut sedang banyak dicari oleh konsumen. Riset produk melalui ulasan juga bisa menjadi sarana untuk menemukan keunggulan dan kekurangan produk kompetitor bagi penjual yang menciptakan produk sendiri.

5. Buat Survei

Apabila seorang reseller ingin mendapat jawaban langsung dari calon pelanggan, maka Anda bisa terapkan kedua jenis riset ini, yaitu riset eksplorasi dan riset konklusi.

Riset eksplorasi berguna untuk melemparkan pertanyaan umum kepada audiens seperti “Produk apa yang sedang Anda butuhkan” atau menjurus ke satu jenis produk, misalnya “Pakian apa yang menurutmu bagus?” dari pertanyaan ini Anda akan mendapatkan informasi yang dapat digunakan untuk menyusun pertanyaan-pertanyaan pada riset konklusi.

Riset konklusi berfungsi untuk menyortir informasi yang kamu dapatkan di riset eksplorasi untuk menyusun kuesioner.

Misalnya, terdapat beberapa jawaban “Pakaian yang bagus adalah pakaian yang murah, pakaian yang sesuai dengan tren, pakaian yang punya bahan yang premium” dari ketiga pilihan tersebut Anda dapat membuat skala sehingga dapat menentukan pilihan yang paling banyak diinginkan pasar.

error: Content is protected !!