Tips Bisnis Pernak Pernik Natal dan Tahun Baru, Datangkan Cuan Besar

portalutama.com – Momen setahun sekali yang paling dekat dengan akhir tahun adalah Natal dan Tahun Baru. Kedua hari besar itu menjadi bagian penting bagi para sebagian orang yang merayakannya. Mungkin Natal hanya sebagian kecil saja, tetapi untuk Tahun Baru menjadi momen yang dirayakan oleh sebagian besar kecuali mereka yang sedang dalam pengungsian.

Nach, apabila Anda punya “sense of bisnis” sebagai pedagang yang tak mau sia-siakan momen yang paling dinantikan oleh mereka yang ingin merayakannya, gunakan momen ini untuk jualan atau dagang.

Sebenarnya sudah dilakukan sejak dua bulan yang lalu. Tetapi tidak mengapa , tidak ada kata terlambat untuk urusan bisnis. Semua bisa dikerjakan karena momen ini masih berlangsugn sampai 1 minggu sebelum natal atau 1 minggu sebelum Tahun Baru.

Pernak Pernik untuk keperluan Natal adalah identic dengan pohon natal dengan serba-serbi hiasannya yang beraneka rupa (ada yang terbuat dari plastik, ada yang terbuat dari kaca), sedangkan untuk tahun baru identik dengan terompet,balon, kalender.

Selain itu ada pernak Pernik yang biasanya menghiasi depan pintu atau topi santa, bando beraneka kreasi dan aneka kue-kue kering. Jelang tahun baru pun ada hiasan-hiasan dinding yang bisa digunakan sebagai aksesoris.

Meskipun bisnis Natal dan Tahun Baru adalah bisnis musiman saja, tapi bisa mendatangkan cuan yang cukup besar apabila kita dapat menyasar dan menjualnya ke target market yang tepat misalnya anak-anak atau orang dewasa.

Berikut ini adalah beberapa trik untuk persiapan penjualan pernak-pernik Natal dan Tahun Baru:

1.Tentukan jenis dan jumlah stok pernak Pernik

Buatlah survey kecil-kecilan tentang jenis barang atau pernak-pernik yang disukai. Jika Anda sudah melakukan penjualan sejak tahun lalu, buat penilaian barang apa yang disukai oleh pembeli. Tentukan barang mana yang popular dan mana yang tidak popular.

Jika masih ada stok barang, buatlah catatan untuk bisa dijadikan penawaran dengan obral atau harga miring.

2. Siapkan tawaran special

Jika Anda jeli untuk bisa menawarkan dua jenis barang yang digabungkan menjadi satu set dengan harga yang khusus, mungkin hal ini akan menarik perhatikan pembeli. Dengan bahasa marketing yang sangat menarik , jelaskan bahwa harga ini sangat murah dibanderol karena ada tawaran istimewa dengan diskon besar, atau tawaran “Beli 1 paket Gratis 1 paket”. Pastikan bahwa harga produk ini sudah termasuk margin keuntungan Anda.

Strategi yang lainnya, jadi hari istimewa , 1 hari sebelum hari H (Natal dan Tahun Baru) ada obral besar.

3. Mengumumkan Jadwal operasional

Pastikan bahwa Anda bisnis meskipun diadakan secara online pun harus ditentukan waktu off karena pasti karyawan Anda pun butuh libur . Buat pengumuman seawall mungkin sehingga jam operasional tetap berlangsung lancar dan operasional liburan Anda tetap tidak terganggu.

4. Mencari Supplier

Beberapa penjual pernak Pernik pasti lebih pengalaman tentang karakter pembelinya. Jika pembelianya memang menyukai pembelian paket bukan satuan, maka secepatnya mencari pemasok lokal yang memang sudah menyediakan barang yang dicari. Bandingkan pemasok satu dengan yang lainnya. Juga tentang pengiriman, pastikan biaya dan waktu pengiriman jangan “mepet” dengan liburan untuk hindari kekecewaan pembeli.

5. OPtimalkan toko online

Ada perbedaan toko atau gerai fisik dan toko online. Bagi pembeli yang biasanya senang jalan-jalan sambil belanja, memang menyukai beli di toko fisik. Tapi pembeli yang memilih lebih praktis, pasti suka beli di toko online.

Kedua jenis toko itu harus diantisipasi, paling tidak sekarang hampir 80 persen konsumen tetap menyukai toko online. Gunakan peluang ini untuk menjual secara besar-besaran.

6. Optimalkan media sosial

Jika kita sudah gunakan toko online, pastikan juga pemasaran atau publikasi atau promosi harus dilakukan secara online melalui media sosial yang kita miliki. Bahkan melalui tiktok yang sangat menarik bisa salah satu cara agar pelanggan secepatnya belanja dan borong di toko online kita.

7.Perhatikan tata layout untuk toko fisik

Apabila kita menjual pernak Pernik di toko fisik, jangan lupa untuk menata dan mendesain semua pernak-pernik yang dijual dengan sangat menarik. Begitu pembeli datang, melihat suasana toko yang sangat elegan dan serba “tochy feely” sehingga pembeli dapat melihat barang dari kotaknya dan mempermainkan untuk mainan anak-anak.

8. Jenis makanan kering

Bagi mereka yang punya hobi untuk menjual aneka makanan kering untuk Natal dan Tahun Baru, bisa mulai menyiapkan flyer dan promosinya . Pembuatan flyer promosi makanan harus dibuat cantik sehingga menarik pembeli.

Ayo, waktunya sudah makin dekat, Jika Anda ingin mendapatkan Cuan dari jualan pernak Pernik Natal dan Tahun Baru perlu persiapan secepatnya. Selamat mendapatkan Cuan yang dapat menambah pundi-pundi .

    Andri Pratama Saputra 13 Desember 2022 15:0725 menit lalu
    mantap

mantap

error: Content is protected !!