Tarif KRL Bakal Naik Awal Tahun Depan, Berapa Besarannya?

portalutama.com – Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal menyatakan pihaknya sedang menyiapkan kenaikan tarif untuk layanan KRL Commuter Line. Risal mengatakan pihaknya hanya tinggal tunggu waktu yang tepat untuk menaikkan tarif KRL.

Opsinya, kemungkinan kenaikan tarif bisa dilakukan di sekitar awal tahun 2023. Semua sudah disiapkan, termasuk juga regulasi berbentuk Peraturan Menteri.

“Tinggal tunggu waktu kapan sesuaikan tarif. Kalau tarif tidak disesuaikan PSO bisa berkurang. Insyaallah di 2023 awal ada berita-berita soal kenaikan tarif,” kata Risal dalam diskusi dengan media dan komunitas di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2022).

Berapa besar kenaikannya? Risal tak mau menjawab dengan tegas. Dia mengatakan angkanya tidak akan jauh dari simulasi kenaikan yang pernah dibuat dan dipaparkan Kemenhub di awal tahun 2022 ini.

“Besarannya nggak jauh dari situ (hitungan Kemenhub di awal tahun). Nanti lah pas diumumkan, kan Permen sudah siap. Kami juga kaji waktu yang pas untuk penyesuaian tarif,” kata Risal Wasal.

Dalam catatan detikcom, Ditjen Perkeretaapian sebelumnya pernah memaparkan tarif KRL yang akan naik adalah tarif dasar sejauh 25 kilometer (km) untuk perjalanan pertama KRL. Paparan itu dikeluarkan di sekitar bulan Januari yang lalu.

Bila awalnya tarif KRL untuk 25 km pertama hanya Rp 3.000, rencananya dinaikkan menjadi Rp 5.000. Tepatnya tarif KRL bakal naik Rp 2.000. Sementara itu, untuk tarif lanjutan KRL 10 km berikutnya tetap di angka Rp 1.000. Tidak mengalami kenaikan.

error: Content is protected !!