Strategi Inovasi Danpac Pharma untuk Perkuat Brand dan Pimpin Pasar

PT Danpac Pharma, perusahaan di bidang kesehatan, khususnya alat tes kehamilan dan masa subur, serta family planning, terus berinovasi untuk melanggengkan bisnisnya. Berbagai inovasi dilakukan perusahaan yang didirikan tahun 2004 ini dalam beberapa waktu terakhir.

Sebagai contoh, dari sisi produk, Danpac meluncurkan alat tes kehamilan untuk segmen yang berbeda, sehingga bisa menjangkau semua lapisan masyarakat. “Beragamnya produk alat tes kehamilan yang kami miliki merupakan kelebihan sekaligus pembeda antara Danpac dan kompetitor,” kata Christian Eka, Sales and Marketing Director PT Danpac Pharma.

Bapak Christian Eka , Sales & Marketing Director.

Tidak hanya alat tes kehamilan, Danpac juga mengembangkan alat kesehatan seksual. Sementara kompetitor hanya fokus pada produk lubricant dan kondom, Danpac serius dalam mengembangkan produk alat kesehatan seksual lain, agar produknya lebih beragam. “Kami sedang memosisikan ulang produk Vivo sebagai produk yang bukan lagi hanya sebagai alat kontrasepsi, tetapi sebagai gaya hidup,” ungkap Eka.

Repositioning tersebut, Eka menjelaskan, juga dilakukan untuk mengubah stigma masyarakat dan memberikan prespektif yang berbeda bahwa alat kontrasepsi dan alat kesehatan bukanlah hal yang tabu. “Untuk mendukung visi tersebut, kami juga akan meluncurkan art exhibition pada 26 September yang juga bertepatan dengan Hari Kontrasepsi Sedunia, dan akan dibuka untuk umum selama 1 bulan penuh dari tanggal 1 oktober hingga 31 oktober 2022. Lewat edukasi yang lebih mengedepankan gaya hidup ini, masyarakat diharapkan tidak lagi melihat alat kontrasepsi sebagai hal yang tabu lagi,” katanya.

Inovasi lain yang dilakukan perusahaan adalah meluncurkan vending machine pada tahun 2020. Teknologi ini digunakan agar produk Danpac lebih mudah ditemukan dan dibeli oleh masyarakat. Eka menyebutkan, strategi tersebut merupakan salah satu cara perusahaan untuk mendekatkan diri kepada konsumen.

“Kami juga baru saja merejuvenasi logo serta mereformasi branding Danpac agar lebih dekat dengan masyarakat dengan membawa tagline ‘Close to you’,” kata Eka. Ia menegaskan bahwa peluncuran vending machine merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan slogan citra tersebut.

Saat ini, Danpac telah meluncurkan vending machine di wilayah Jabodetabek dan beberapa kota besar lain, terutama di area residensial, hotel, ataupun apartemen. Pada fase pertama ini, Danpac menargetkan untuk menempatkan 1.000 vending machine hingga akhir 2022.

Halaman Selanjutnya

Inovasi yang digencarkan Danpac tidak terlepas dari divisi…


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.