Startup Beauty Ini Perkenalkan Microbiome Friendly Skincare di Indonesia

Perusahaan rintisan atau startup Nusantics, baru saja memperkenalkan Biome Beauty, yang diklaim Microbiome Friendly Skincare pertama di Indonesia. Nusantics merupakan perusahaan bioteknologi berbasis teknologi genomics.

Konsep atau klaim tentang microbiome friendly skincare tengah berkembang pesat di Indonesia, namun pada saat yang sama muncul juga pertanyaan tentang bukti apa yang mendukung klaim tersebut dan bagaimana sebuah skincare dapat dikatakan microbiome friendly.

Produk skincare baru dapat disebut microbiome friendly jika formula atau kandungannya tidak mengganggu keberadaan microbiome kulit dan ramah bagi lingkungan. Berangkat dari fakta tersebut, Biome Beauty telah diuji secara in vivo (pengujian dengan parameter microbiome langsung di kulit manusia yang merupakan gold standard uji klinis) terbukti merupakan elemen penting yang mampu menjaga keseimbangan microbiome di kulit.

Microbiome yang kita kenal sebagai virus, jamur, bakteri, dan archaea sering dianggap sebagai sumber penyakit, padahal keberagaman dan keseimbangan microbiome di tubuh manusia justru memiliki peran penting bagi imunitas. Begitupun saat microbiome kulit tidak seimbang, maka akan timbul masalah kulit seperti jerawat, beruntusan, break out, kusam, warna kulit tidak rata, dan berbagai masalah kulit lainnya.

Hal yang senada diungkapkan Co-founder dan CEO Nusantics Sharlini Eriza Putri bahwa keberagaman dan keseimbangan microbiome sangat penting bagi imunitas tubuh kita. “Namun, karena microbiome ini ‘tidak berharga’, gaya hidup kita malah tidak sengaja merusaknya. Menerjemahkan pentingnya microbiome ke dalam sebuah lifestyle brand akan membuat microbiome yang selama ini ‘tak berharga’ menjadi ‘berharga’. Inilah jiwa Nusantics,” tambah Sharlini.

Nusantara Genetics atau Nusantics memiliki misi mengakselerasi microbiome diagnostics untuk pengaplikasian kesehatan terpadu. Perusahaan ini hadir untuk membuka pandangan bahwa setiap makhluk hidup di alam semesta ini harus hidup berdampingan dan harmonis.

Nusantics Biome Beauty diciptakan dari serangkaian proses pemahaman kehidupan yang ada di kulit. Selain itu juga diklaim sebagai solusi untuk masalah kulit kebanyakan orang Indonesia yang didominasi bakteri atau jamur, seperti halnya saya yang kulitnya didominasi oleh bakteri.

Halaman Selanjutnya

“Biome Beauty hadir untuk menyeimbangkan microbiome, karena Biome…


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.