Sri Mulyani Sebut Dunia dalam Bahaya, Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS di Ujung Tanduk?

portalutama.com – Nilai tukar rupiah menguat terhadap dolar AS hari ini. Meski begitu, apresiasi rupiah hari ini sudah di ujung tanduk dan rawan untuk berbalik menjadi koreksi. Melansir RTI, rupiah bergerak di kisaran level Rp15.300 per dolar AS pada Kamis, 13 Oktober 2022.

Rupiah menguat 0,07% ke level Rp15.330 per dolar AS pada Kamis siang. Sentimen global sudah cukup membuat rupiah melemah signifikan sejak awal pekan. RTI mencatat, rupiah melemah hingga -0,85% dalam sepekan atau setara dengan penurunan -2,81% dalam sebulan terakhir.

Kabar terbaru, Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, menyebut dunia saat ini dalam bahaya. Hal tersebut ia sampaikan saat membuka pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Anggota G20 dalam acara 4th FMCBG Meeting di Washington DC.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa dunia tengah menghadapi risiko yang makin meningkat mulai dari inflasi tinggi, pertumbuhan upah, kerawanan energi dan pangan, iklim, hingga sentimen geopolitik seperti yang terjadi di Ukraina.

“Kita bertemu lagi ketika situasi ekonomi global menjadi lebih menantang, dan saya tidak merasa berlebihan untuk mengatakan dunia dalam keadaan bahaya,” pungkas Sri Mulyani, dilansir secara daring melalui kanal YouTube Bank Indonesia, Kamis, 13 Oktober 2022.

error: Content is protected !!