Sampoerna Konsisten Ciptakan Dampak Berkelanjutan di Usia ke-109

Seperti perahu yang sedang berlayar, PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. (Sampoerna) yang berawal dari sebuah warung kecil di Jalan Tjantian di kawasan Kota Tua Surabaya, kini di usianya yang ke-109 tahun berhasil berkembang menjadi “kapal pesiar” yang besar dengan revenue tahunan mencapai triliunan rupiah dan didukung oleh sekitar 65.800 karyawan.

Dengan berbekal 109 tahun pengalaman “berlayar” ini, kekuatan resources yang dimiliki oleh Sampoerna sudah tidak diragukan lagi. Sampoerna dapat dengan cepat menanggapi tuntutan pasar yang seringkali berubah, terlebih dengan hadirnya teknologi yang semakin mendisrupsi pasar.

Kelincahan dalam berinovasi menjadi kunci perusahaan agar selalu siap menangkap peluang bisnis ke depan. Sampoerna secara konsisten menciptakan nilai jangka panjang dalam kegiatan operasionalnya sebagai kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Komitmen ini tecermin dalam “Falsafah Tiga Tangan” yang diwujudkan melalui upaya perusahaan untuk saling membantu dan memberikan kontribusi positif terhadap pelanggan dewasa, karyawan dan mitra usaha, serta masyarakat luas.

“Filosofi ini yang menjadi dasar Sampoerna tetap bertahan di usia ke-109 tahun, bahwa apa pun yang dikerjakan Sampoerna harus bermanfaat bagi ketiga tangan tersebut, baik itu pelanggan dewasa, mitra bisnis dan karyawan, serta masyarakat secara luas,” kata Sales Director Sampoerna Ivan Cahyadi.

Salah satu fokus perusahaan dalam bidang inovasi berkelanjutan adalah dukungan terhadap pengembangan kemampuan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Dukungan tersebut ditunjukkan dengan kehadiran Sampoerna Retail Community (SRC) sejak 2008 di bawah payung program Sampoerna untuk Indonesia.

SRC merupakan komunitas toko kelontong terbesar di Indonesia. Komunitas ini memiliki jumlah anggota lebih dari 165.000 toko kelontong dan 6.000-an paguyuban yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Melalui program ini, Sampoerna membantu toko kelontong untuk naik level menjadi toko masa kini.

Sampoerna Konsisten Ciptakan Dampak Berkelanjutan di Usia ke-109
Ivan Cahyadi, Sales Director PT HM Sampoerna Tbk. (Tengah) dan Tim

Bagi Sampoerna, SRC memiliki tempat tersendiri, yakni sebagai bagian penting pengembangan ekosistem usaha perusahaan. Karenanya, perusahaan terus berupaya meningkatkan resiliensi mereka dengan pengembangan kapasitas dan kapabilitas yang sesuai, seperti akses permodalan dan financial inclusion, supply chain, hingga digital literacy yang dapat meningkatkan usahanya.

Halaman Selanjutnya

Pembinaan yang diberikan kepada anggota SRC, antara lain,…


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.