RI Tak Antre Jadi Pasien IMF, Luhut: Kita Salah Satu Negara Terbaik tapi Tidak Boleh Jemawa

portalutama.com – JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, kondisi ekonomi Indonesia saat ini salah satu yang terbaik di dunia. Karena itu, dia memastikan Indonesia tidak menjadi bagian dari 28 negara yang antre untuk mendapatkan bantuan dari Dana Moneter Internasional (IMF).

“Kemarin Ibu Menkeu (Sri Mulyani) menyampaikan bahwa sudah ada 28 negara yang antre masuk di IMF dan kita jauh dari hal itu,” kata Luhut di Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Namun meski ekonomi Indonesia dalam kondisi baik, namun dia meminta semua pihak untuk tidak lupa diri atau angkuh. Pasalnya, apa pun bisa terjadi di masa depan.

“Kita mungkin salah satu negara dengan kondisi yang terbaik pada saat ini, tapi sekali lagi, kita tidak boleh jemawa di sini karena dalam 6 bulan ke depan apa saja bisa terjadi,” ujarnya.

Menurut Luhut, dunia ke depannya akan dihadapkan pada situasi yang sulit. Dia memprediksi, akan ada the perfect strom yang dapat menimpa semua negara, termasuk Indonesia. Karena itu, dia meminta Indonesia untuk waspada dalam menghadapi ancaman tersebut.

“Perfect storm itu, menurut saya hampir semua bisa terjadi kepada negara-negara di dunia ini. Jadi kita harus waspada,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, pemerintah sudah memiliki skenario untuk menghadapi ancaman tersebut. Pemerintah juga sudah melakukan stress test.

“Presiden sudah memerintahkan untuk melakukan stress test, terutama dalam masalah pangan, di mana pemerintah daerah semua telah diimbau. Stress test itu ya kita cek, kalau ada skenario begini, apa yang terjadi, gimana ekonomi kita masih bisa (tumbuh) enggak?” tuturnya.

Editor : Jujuk Ernawati

error: Content is protected !!