Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung Capai 88,8 Persen, Ini Harapan Jokowi

portalutama.com – BANDUNG, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Tegalluar, Bandung hari ini, Kamis (13/10/2022). Dia pun memastikan progres proyek kereta cepat tersebut telah mencapai 88,8 persen.

“Saya tadi mendapatkan keterangan (dari PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) bahwa progresnya (KCJB) sudah mencapai 88,8 persen secara keseluruhan,” kata Jokowi, Kamis (13/10/2022).

Dia pun berharap kereta cepat ini nantinya jika sudah beroperasi dapat membantu mempercepat mobilitas masyarakat maupun barang.

“Kita harapkan dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini mobilitas orang dan barang bisa menjadi cepat,” ujar Jokowi.

Dia juga berharap, KCJB bisa meningkatkan daya saing. Selain itu. menambah titik pertumbuhan ekonomi baru di wilayah Jakarta maupun Bandung.

“Daya saing kita juga akan semakin kuat, kemudian ada titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Jakarta ada, di Bandung ada kemudian kabupaten Bandung juga terjadi,” ucapnya.

Sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara (ASEAN), dia pun berharap ke depannya akan ada konektivitas antarnegara khususnya di ASEAN.

“Ini memang kereta api cepat yang pertama di kawasan ASEAN dan kita mengharap nanti terjadi konektivitas antarnegara, entah disambungkan dengan pelabuhan, airport atau dengan kereta cepat seperti ini. Itu sudah menjadi gagasan besar di ASEAN agar konektivitas antar negara-negara ASEAN tersambungkan secepat-cepatnya dalam rangka daya saing ASEAN,” tutur Jokowi.

Editor : Jujuk Ernawati

error: Content is protected !!