Produk Mahasiswa UMG di Berangkatkan Test Market Ke Negara Jepang

portalutama.com – Coaching Kewirausahaan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) di inisiasi oleh tim Hibah ISS-MBKM Program Kompetisi Kampus Merdeka Universitas Muhammadiyah Gresik. Kegiatan Coaching sendiri diikuti oleh sebanyak 15 Kelompok projek Usaha yang terdiri dari 27 Mahasiswa. Produk yang dibuat oleh mahasiswa berupa makanan snack, minuman kering, serta produk kreatif. Diakhir rentetan kegiatan coaching, produk yang dibuat oleh mahasiswa dilakukan pengiriman ke luar negeri atau Ekspor. Untuk kali ini produk yang dibuat akan dikirim ke salah satu buyer di negara Jepang (Halal Global Solution.Co.Ltd). Dalam pelesan Ekspor, kegiatan ini dihadiri oleh Rektor serta jajarannya, Kepala ITPC (Indonesia Trade Promotion Center) Jepang, Kepala Bea Cukai Gresik yang diwakili oleh Kepala Bagian Penyuluhan, Perwakilan Buyer, Kepala BSN (Badab Standarisasi Nasional) Jawa Timur.
Sambutan dari Rektor UMG (Ibu Nadhirotul Laily, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog) menyampaikan bahwa Sangat mendukung terkait dari kegiatan Coaching kewirausahaan dikarenakan kegiatan ini sudah sangat sejalan dengan Visi Misi UMG yaitu membentuk mahasiswa berjiwa entrepreneurship yang islami. Kegiatan ini akan menjadi tahapan awal mahasiswa menjadi seorang entrepreneur yang sukses dimasa mendatang.
Sambutan Kepala Indonesia Trade Promotion Center Jepang (Bapak Dicky farabi) menyampaikan terkait kondisi pasar di Jepang, kondisi Budaya di Jepang, serta memberikan gambaran pasar terkait siapa saja user atau calon konsumen yang ada di jepang.
Sambutan Perwakilan Halal Global Solution.Co.Ltd. (Bapak Dodi) menyampaikan tata cara serta persyaratan yang harus dipenuhi untuk produk masuk di Jepang, terutama kelengkapan dokumen ekspor . Dan memberikan gambaran terkait calon konsumen yang akan menjadi sasaran.
Sambutan Kepala Badan Standarisasi Nasional Jawa Timur (Ibu Desak) menyampaikan akan mendukung penuh terkait kegiatan mahasiswa dan juga akan memfasilitasi serta memberikan bimbingan untuk pengurusan legalitas. Serta memberikan motivasi kepada mahasiswa sebagai generasi penerus untuk selalu mandiri dalam menjalankan usaha.
Sambutan Kepala Bea Cukai Gresik yang diwakili oleh Kepala Bagian Penyuluhan Bea Cukai (Bapak Eko) menyampaikan terkait prosedur dan tata cara ekspor ke 5 benua. Serta memberikan arahan untuk selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait ketika menjalankan kegiatan ekspor produk, karena hal ini untuk meminimalisir resiko reiko yang terjadi pada kegiatan ekspor. Serta memberikan apresiasi kepada Universitas Muhammadiyah Gresik karena sudah menginisiasi dalam melakukan kegiatan ekspor produk di kalangan pendidikan. Beliau juga menyampaikan bersedia untuk mendukung kegiatan, baik sosialisasi ataupun kuliah tamu di UMG berkaitan dengan Ekspor Produk.
Sambutan Mentor Coaching kewirausahaan (Bapak Arso) sekaligus Owner CV Bolu Ketan Mendut, menyampaikan bahwa kegiatan seperti berjalan dengan lancar karena adanya dukungan penuh dari pihak mahasiswa, kampus, serta mitra yang terlibat. Pada kegiatan ini merupakan masih tahapan awal, dimana mahasiswa mampu memunculkan minat bakat dalam berwirausaha, serta masih perlu ada pengembangan lebih lanjut terkait dari produk mahasiswa. Beliau selalu mensupport mahasiswa ketika melakukan kegiatan coaching dan juga memberikan solusi yang efektif terhadap permasalahan mahasiswa.
Sambutan Koordinator Kegiatan Coaching kewirausahaan Mahasiswa (Bapak Hidayat, S.T.,M.Eng) menyampaikan terkait gambaran awal dari kegiatan coaching, serta menyampaikan rencana kedepan dari kegiatan coaching kewirausahaan.
Dipenghujung kegiatan diakhiri dengan diskusi serta penyerahan produk ke kurir DHL, untuk dikirim ke Buyer di Negara Jepang.

error: Content is protected !!