Podcast Aksi Nyata: 3 Tips Perencanaan Keuangan Hadapi Ancaman Resesi Global

portalutama.com – JAKARTA, Perencanaan keuangan menjadi hal yang mutlak dilakukan untuk menghadapi berbagai situasi ekonomi termasuk ancaman resesi global yang diprediksi bakal terjadi di 2023.

Financial Planner, Herfina Edward, mengatakan perencanaan keuangan bertujuan untuk menjaga seseorang meminimalisir dampak ekonomi yang memburuk. Hal ini sangat penting dilakukan baik secara individu maupun keluarga.

Terkait dengan itu, Herfina memberikan 3 tips dalam mengatur keuangan terlebih untuk para angkatan kerja baru ketika mulai mempunya pendapatan. Tips pertama adalah memastikan penghasilan lebih besar dari pengeluaran.

“Step awal cuma satu, memastikan penghasilan kita lebih besar daripada pengeluaran, itu paling penting, kita perlu tracking sebulan ini kita keluarkan jntjk apa aja sih,” kata Herfina, dalam Podcast Aksi Nyata melalui kanal YouTube Perindo, Rabu (23/11/2022).

Tips kedua, menyisihkan pendapatan untuk dialokasikan untuk tabungan, yang akan dilakukan secara konsisten. Tidak masalah besaran, yang paling penting adalah melatih kedisiplinan.

“Harus bisa menentukan berpaa yang bisa disisihkan, 5 persen dulu kah dari income, 10 persen kah, atau 50 ribu perminggu, yang penting konsisten dulu,” ungkap Herfina.

Tips ketiga, mempunyai asuransi, baik kesehatan maupun ketenagakerjaan. Hal itu untuk melindungi diri, sehingga tidak menggunakan dana tabungan ketika ada hal yang darurat seperti sakit dan lainnya.

“Dari sana kalau mulai tabungan terkumpul, baru mulai cek, instrumen Invetasi, ada Reksadana, atau deposito,” ujar Herfina.

Akan tetapi, ketika memulai Invetasi disarankan untuk memperkuat literasi tentang investasi. Mengenal berbagai macam instrumen investasi berserta risikony. Kalau untuk pemula, sangat disarankan memilih investasi low risk atau punya risiko rendah.

“Investasi itu juga ada tahapannya, mulai dari low risk, Setelah itu high risk, yang seusai dengan tujuan jangka panjang kita apa,” tutur Hervina.

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!