Perbankan Hingga E-Commerce Dominasi Kapitalisasi Pasar di BEI

Merdeka.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, perusahaan keuangan seperti perbankan, telekomunikasi, dan e-commerce saat ini mendominasi kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan demikian, aktivitas berbagai perusahaan tersebut tentu melibatkan banyak sektor dan sumber daya.

“Lima terbaik dari perusahaan-perusahaan tersebut memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan teknologi dan dunia digital,” ujar Sri Mulyani dalam Pembukaan Profesi Keuangan Expo 2022 yang dipantau secara daring di Jakarta, dikutip Antara, Senin (10/10).

Kendati begitu, dia menilai ekonomi digital tidak hanya identik dengan perusahaan rintisan alias startup dan e-commerce, tetapi juga mencakup berbagai entitas yang sebelumnya sudah mapan dengan cara kerja konvensional dan kini beralih ke digital.

Misalnya perbankan, meski sudah lama memberikan layanan berbasis internet, saat ini perusahaan keuangan tersebut tetap harus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan melalui platform digital. Menurutnya, ekonomi digital adalah salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat nilai ekonomi industri digital di Indonesia pada 2021 bisa mencapai USD70 miliar. Angka ini bahkan akan diperkirakan meningkat mencapai USD145 miliar pada 2025.

Meski digitalisasi menghadirkan peluang dan membantu meningkatkan efisiensi serta kualitas, Menkeu tak menampik digitalisasi dan teknologi juga berpotensi menimbulkan risiko besar, distorsi, serta disrupsi.

Contohnya, risiko terkait penggunaan big data yang memiliki syarat adanya perlindungan yang memadai dan kuat terhadap privasi, machine learning yang bisa menciptakan overheating dimana komputer mengambil keanehan dalam data yang tidak mewakili pola di dunia nyata, serta underheating dimana model tidak cukup kompleks menangkap pola yang ada dalam data dan realitas. [azz]

Baca juga:
OJK Klaim Kinerja Pasar Modal RI Tetap Moncer di Tengah Ancaman Resesi
Cerita Unik Menko Luhut Buka Perdagangan Saham Amerika Serikat
Bos Startup Ini Jadi Miliarder Usai Perusahaannya Diakuisisi Adobe
SILO Catat Pertumbuhan Pasien Lakukan Perawatan Medis Sepanjang Semester I 2022
Aktivitas Masyarakat Pulih, Dorong Pertumbuhan Bisnis Mal dan Hotel LPKR
Riset JLL: Okupansi Kawasan Industri Cikarang Capai 93 Persen


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.