Pemkab Ajak Puluhan LSM Sukseskan Pembangunan Daerah Lamongan

SURYA.CO.ID, LAMONGAN – Keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) berperan penting untuk turut serta mensukseskan pembangunan di Lamongan.

“Paradigma governance dengan tujuan akhirnya terwujudnya good governance, menyadari bahwa persoalan publik adalah urusan bersama antara pemerintah, civil society dan dunia usaha sebagai tiga aktor utama,” ungkap Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi di depan 60 perwakilan LSM se Lamongan, di acara Sosialisasi Pembinaan LSM pada Selasa (9/8/2022) malam.

Menurutnya, untuk meningkatkan sinergitas antara organisasi masyarakat, LSM dengan Pemkab Lamongan ini tentu di harapkan bisa memberikan kontribusi positif dalam menyukseskan pembangunan daerah.

Dan Ormas memegang peranan penting dalam pembangunan sebagai pilar demokrasi melalui partisipasi dalam kehidupan bernegara.

“Bahkan betapa pentingnya peran Ormas atau LSM, Ormas berhak menerima fasilitasi penguatan kelembagaan,” ungkap Bupati Yuhronur.

Peran Ormas maupun LSM dalam pembangunan daerah sangatlah dibutuhkan. Ia pun berharap Ormas dapat memperjuangkan hak dan aspirasi masyarakat sebagai alternatif pembangunan.

Yuhronur mencontohkan, berbagai kinerja pemerintah dan pembangunan sepanjang tahun 2021 sudah berjalan secara dinamis. Termasuk akselerasi 11 program prioritas yang telah diimplementasikan melalui pendekatan pembangunan inklusif dan kolaborasi.

Mulai dari implementasi program Jamula, program desa berdaya melalui pemberian bantuan dana dusun hingga dimulainya pembangunan RSUD di Kecamatan Brondong sebagai salah satu pemerataan pembangunan di Kabupaten Lamongan.

“Semua itu bukan hanya kerja pemerintah, tetapi berkat kolaborasi stakeholder, pembangunan khususnya ormas dan LSM yang saya yakin memiliki tujuan sama yakni akselerasi kejayaan Lamongan yang berkeadilan,” tegasnya.

Sebagai lembaga penyalur aspirasi masyarakat, Ormas diharapkan mampu menyiapkan kelompok masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan bangsa. Untuk itu, pentingnya sinergitas antara pemerintah daerah dengan Ormas atau LSM.

“Ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam pembangunan,” kata Yuhronur.

Menurutnya, banyak sekali contoh rentannya sinergi itu yang mengakibatkan hilangnya rasa aman dan nyaman di beberapa negara konflik seperti, Myanmar dan Venezuela.

Keberadaan organisasi masyarakat pada dasarnya dimaksudkan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan negara kesatuan republik Indonesia.

Diharapkan Ormas menjadi mitra pemerintah yang konstruktif dengan tetap berpegang pada Pancasila dan undang-undang dasar 1945.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *