Pelajari Cara dan Bentuk Investasi Emas di Pegadaian

portalutama.com – Investasi emas adalah salah satu bentuk investasi yang paling banyak digunakan. Kamu bisa melakukan investasi emas dari mana saja, termasuk di Pegadaian.

Pegadaian memang dikenal sebagai tempat melelang barang ketika memiliki kebutuhan mendadak. Namun, investasi emas Pegadaian ini bisa jadi opsimu juga, terutama para milenial.

Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini.

Baca Juga: Tips Investasi Emas Bagi Pemula

Bentuk-Bentuk Investasi Emas

Banyak orang memilih emas sebagai jenis investasi yang paling mudah diakses. Menurut Investopedia, investasi emas dapat dilakukan dengan cara-cara berikut.

1. Membeli emas

Dibandingkan dengan komoditas lain, emas lebih mudah diakses oleh sebagian besar investor.

Kamu dapat dengan mudah melakukan investasi dengan membeli emas melalui dealer logam mulia, bank, broker, bahkan pegadaian.

Kamu juga bisa melakukan investasi dengan membeli perhiasan emas. Selain berinvestasi, membeli perhiasan emas juga memungkinkanmu merasakan kenikmatan memakainya.

Perhiasan emas sering kali digabungkan dengan permata dan logam mulia lainnya untuk meningkatkan nilai dan penampilan perhiasan secara keseluruhan.

Sering kali, perhiasan tersebut diturunkan ke generasi berikutnya sebagai pusaka keluarga, menambahkan nilai sentimental di luar karya itu sendiri.

Sayangnya, perhiasan biasanya bukan pilihan terbaik jika itu benar-benar investasi. Ini karena pengerjaan yang terlibat dan markup ritel.

Oleh karena itu, selalu tentukan kemurnian emas sebelum membeli perhiasan. Jadi kamu tidak perlu perlu membayar 18 karat untuk perhiasan emas 14 karat.

2. Menabung emas

© Canva.com

Pilihan lain dari investasi emas adalah dengan menabung emas. Ini karena memiliki emas fisik memiliki beberapa kendala seperti biaya transaksi, biaya penyimpanan, dan asuransi.

Sehingga, banyak investor yang tertarik untuk masuk ke pasar emas yang lebih likuid dan berbiaya rendah akan beralih dan mempertimbangkan bentuk investasi lain yang meniru pergerakan komoditas.

Investasi dengan menabung atau membeli saham emas menawarkan potensi yang juga lebih tinggi. Ini adalah potensi yang tidak ditawarkan oleh investasi emas batangan.

Sayangnya, saham emas naik dan turun lebih cepat dari harga emas itu sendiri. Sehingga, berinvestasi dengan memiliki saham emas cenderung berisiko lebih tinggi.

Untuk itu, investasi emas dengan cara menabung sebaiknya dilakukan melalui pihak yang terpercaya, misalnya melalui Pegadaian.

Baca Juga: 5 Tips untuk Karyawan yang Berminat Investasi Emas

Cara Melakukan Investasi Emas di Pegadaian

© Canva.com

Salah satu tempat yang mudah kamu akses untuk berinvestasi emas adalah melalui Pegadaian.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin berinvestasi emas di Pegadaian.

1. Menitip emas

Salah satu layanan investasi emas yang ditawarkan Pegadaian adalah menitip emas. Artinya, kamu bisa membeli emas melalui pihak lain dan menitipkannya melalui Pegadaian.

Cara ini memungkinkanmu untuk menyimpan emas yang kamu investasikan dengan lebih aman.

Ini karena semua emas yang dititipkan melalui Pegadaian akan diasuransikan.

Untuk menitipkan emas, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp 20.000 per 100 gram emas setiap bulan.

2. Tabungan emas

Program tabungan emas adalah salah satu bentuk investasi emas yang populer di Pegadaian.

Konsepnya hampir sama dengan konsep menabung pada umumnya. Perbedaannya adalah dana yang kamu tabung akan dikonversikan sesuai dengan harga emas di pasaran pada saat pertama kali kamu menabung.

Sehingga, meskipun kamu menabung dengan harga emas terendah, kamu dapat mencairkannya sesuai dengan harga emas di pasaraan pada saat pencairan dana.

Biaya untuk membuka tabungan emas mulai dari Rp 10.000 dengan biaya penitipan emas sebesar Rp 30.000 per tahun.

Minimal, emas yang dapat kamu tabung mulai dari berat 0,01 gram.

3. Membeli emas dengan mencicil

Selain menabung emas, kamu juga dapat melakukan investasi emas dengan mencicil emas di Pegadaian.

Kamu hanya perlu datang ke kantor Pegadaian terdekat untuk memilih logam mulia yang diinginkan.

Sebelumnya, kamu harus membayar uang muka (DP) dengan besaran antara 20-30 persen dari nilai emas.

Setelah itu,kamu dapat menentukan lamanya jangka waktu cicilan, mulai dari 1 hingga 36 bulan dan jumlah cicilan.

Setelah melunasi cicilan tersebut, kamu bisa menerima emas dalam waktu 1-2 minggu dari waktu pelunasan.

Selain mendatangi langsung ke kantor Pegadaian, kamu juga bisa melakukan cicilan emas secara online melalui website Pegadaian.

Baca Juga: Ingin Investasi yang Mudah dan Sederhana? Coba Investasi Emas Online

Selain pegadaian, sebenarnya kamu bisa melakukan investasi emas dengan mendatangi bank atau dealer emas terdekat. Tentunya, proses yang harus kamu lalui berbeda pula.

Kamu bisa mendapatkan informasi-informasi seputar investasi emas ini dengan mengikuti Glints Komunitas. Melalui Glints Komunitas, kamu dapat berdiskusi langsung dengan para pengguna Glints lainnya.

Yuk, daftar sekarang dan berdiskusi dengan pengguna Glints lainnya melalui Glints Komunitas!

Sumber

    Investing in Gold

    Apa Itu Tabungan Emas?