Pasar.id : Sang Pahlawan Ekonomi Nusantara di Era Digital

portalutama.com – Transformasi sektor ekonomi dari konvensional menjadi berbasis digital merupakan imbas dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Digitalisasi ekonomi telah memberikan sejumlah kemudahan dalam transaksi jual beli. Selain itu, digitalisasi ekonomi juga sangat potensial dalam memberikan kontribusi terhadap kemajuan perekonomian nasional. Berdasarkan data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Indonesia tercatat sebagai negara di Asia Tenggara dengan nilai ekonomi digital tertinggi pada tahun 2021 yakni sebesar US$70 miliar dan diperkirakan mampu mencapai US$146 miliar pada tahun 2025. Adapun sektor yang menjadi penopang utama ekonomi digital di Indonesia adalah sektor e-commerce dengan nilai mencapai US$53 miliar (Limanseto, 2022)

Salah satu sektor e-commerce yang turut andil dalam memajukan perekonomian nasional adalah Pasar.id. Pasar.id merupakan salah satu trobosan digitalisasi pasar tradisional yang bertujuan untuk memfasilitasi seluruh pedagang di wilayah Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau dalam melakukan aktivitas jual beli secara online. Keberadaan Pasar.id telah membawa angin segar bagi perekonomian masyarakat setempat. Selain membuka lapangan pekerjaan baru dan mengurangi tingkat pengangguran, Pasar.id juga berkontribusi dalam meningkatkan penjualan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Rama Risyana sebagai salah satu konsumen Pasar.id diperoleh fakta bahwa Pasar.id menjadi alternatif dalam belanja kebutuhan pokok secara nyaman dan aman tanpa perlu datang secara langsung ke pasar. Konsumen cukup bertransaksi melalui smartphone dengan pembayaran secara cashless.

Keberadaan Pasar.id di wilayah Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau memperoleh respon positif dari Pemerintah Daerah setampat. Harapannya, Pasar.id menjadi platform yang dapat mengakomodasi produk-produk lokal sehingga masyarakat dapat dengan mudah memesan secara online.

Pedagang lokal juga merasakan dampak positif dari Pasar.id, selain memudahkan dalam memasarkan barang dagangan, Pasar.id juga telah meningkatkan kompetensi para pedagang khususnya dalam menggunakan perangkat digital.

Melihat sejumlah manfaat yang diberikan, Pasar.id telah menjadi Pahlawan Ekonomi Nusantara yang berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat sekaligus berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian nasional. Keberadaan Pasar.id di wilayah Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau harus selalu dilakukan monitoring, evaluasi dan perbaikan guna lebih mengoptimalkan kontribusi terhadap sektor perekonomian. Perluasan cakupan pasar, peningkatan kompetensi para pedagang lokal melalui pelatihan penggunaan perangkat digital serta penambahan fitur-fitur pendukung menjadi kunci utama tercapainya tujuan yang diharapkan.

Pahlawan Ekonomi Nusantara hadir untuk membantu mengentaskan kemiskinan, mengurangi tingkat pengangguran, meningkatkan kesejahteraan serta berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian nasional. Sang Pahlawan Ekonomi Nusantara tersebut bernama Pasar.id yang hadir membawa perubahan dan kemajuan untuk Indonesia.

error: Content is protected !!