Good Doctor berupaya agar layanan kesehatan mereka dapat menjangkau semua kalangan. Salah satu wujud upaya tersebut adalah dengan kerja sama dengan pihak-pihak yang sejalan mewujudkan visinya.

Langkah ini juga cara Good Doctor mendukung transformasi digital perusahaan asuransi. Transformasi digital bagi perusahaan asuransi merupakan inovasi layanan untuk kepuasan nasabah mereka. Inovasi sangat penting dalam sebuah bisnis. Dengan inovasi, bisnis dapat bertahan bahkan tumbuh lebih besar, termasuk untuk perusahaan asuransi. Di sisi lain, transformasi digital dalam pelayanan asuransi kesehatan akan memudahkan nasabah memperoleh layanan kesehatan berkualitas yang nyaman dengan harga terjangkau.

Asuransi syariah yang pertumbuhannya terus meningkat dari tahun ke tahun menjadi perhatian Good Doctor. Apalagi penduduk Muslim yang besar di Indonesia dan konsep tolong-menolong (ta’awun) serta berbagi risiko (tabarru) dalam asuransi syariah yang sesuai dengan budaya Indonesia merupakan modal dasar untuk perkembangan asuransi syariah di Indonesia. Konsep itu berbeda dengan konsep asuransi konvensional. Sebagai bentuk komitmen mendukung transformasi digital perusahaan asuransi, Good Doctor bekerja sama dengan perusahaan asuransi syariah, yaitu Asuransi Syariah Keluarga Indonesia atau dikenal dengan “ASyKI”.

ASyKI merupakan perusahaan asuransi syariah lokal yang menjangkau kalangan bawah hingga atas. Danu Wicaksana, Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia mengungkapkan rasa terima kasihnya, dengan dipercayanya Good Doctor oleh ASyKI untuk membantu transformasi digital mereka, terutama dalam memberikan opsi layanan kesehatan secara digital kepada para pesertanya.

“Layanan ini dapat diakses di aplikasi Good Doctor yang mencakup konsultasi daring dengan dokter umum dan spesialis serta pembelian dan pengiriman obat secara instan (kurang dari 1 jam) di seluruh Indonesia. Kami yakin kerja sama ini akan bermanfaat karena memudahkan seluruh peserta ASyKI dalam memperoleh layanan kesehatan secara praktis serta berkualitas kapan pun dan di mana pun,” tandas Danu.

Bermitra dengan Good Doctor merupakan bukti komitmen ASyKI untuk memberikan solusi terbaik bagi seluruh peserta. Good Doctor menyediakan layanan kesehatan digital yang lengkap serta pilihan biaya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang menjadi segmen dan target pasar ASyKI.

Mudzakir, SE, AAAIJ, AIIS, CHRP, Direktur Utama ASyKI mengatakan, kerja sama dengan Good Doctor akan menambah manfaat asuransi kesehatan ASyKI, sehingga memberikan solusi terbaik bagi masyarakat dan peserta asuransi ini. “Sebagai peserta ASyKI, peserta tidak hanya memperoleh perlindungan kesehatan yang mudah dan nyaman dalam satu genggaman, tetapi juga ta’awun (saling membantu) di antara sesama peserta sesuai dengan prinsip asuransi syariah. Peserta asuransi syariah merupakan keluarga besar yang saling menolong apabila terjadi musibah,” ujar Mudzakir.

Telemedicine dapat menjadi peluang inovatif bagi asuransi syariah untuk terus berkembang karena telemedicine sesuai dengan gaya hidup masa kini yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan serta kompetitif dari sisi biaya. Kepraktisan dan kenyamanan akan dirasakan oleh nasabah/peserta ASyKI karena mereka dapat melakukan telekonsultasi di mana pun dan kapan pun (24/7) asalkan mereka memiliki mobile phone.

Nasabah/peserta ASyKI pun hanya perlu menunggu di rumah dan Good Doctor yang akan mengantarkan obat ke depan pintu rumah mereka. Biaya menggunakan telemedicine pun lebih murah daripada berobat ke dokter secara offline. Studi kasus yang dilakukan oleh PT Good Doctor Technology Indonesia sepanjang tahun 2020—2021 menunjukkan bahwa dengan asumsi manfaat rawat jalan sekitar Rp2,5 juta per tahun maka nasabah hanya bisa berobat ke rumah sakit offline sebanyak 6 kali dalam setahun, sedangkan dengan menggunakan layanan Good Doctor, mereka dapat melakukannya sebanyak 23 kali dalam setahun.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.