Mie Sedaap Ditarik dari Hong Kong dan Singapura, Ini Tanggapan Mendag

portalutama.com – JAKARTA, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, memberikan tanggapan terkait ditariknya produk Mie Sedaap di Hong Kong dan Singapura, karena terindikasi mengandung pestisida jenis etilen oksida.

Menurut dia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan klarifikasi dengan Wings Group selaku pemilik produk Mie Sedaap untuk mencari solusi terkait permasalahan tersebut.

“Tentu kita akan bela produk kita ya, apa masalahnya kita akan koordinasi dengan pengusahanya, kalau ada masalah kita akan sempurnakan,” kata Zulkifli, kepada wartawan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Saat ditanya apakah produk Mie Sedaap di dalam negeri akan turut diperiksa, sebagaimana dilakukan otoritas di sejumlah negara, Mendag tidak memberikan kepastian. Namun pihaknya akan mendukung dan membantu perusahaan agar produk yang ditarik dapat kembali memasuki pasar ekspor di negara-negara tersebut.

“Nanti kita akan lihat seperti apa, tetapi kita dukung pengusaha-pengusaha kita untuk masuk pasar internasional, jadi kalau ada kendala, tentu kita akan bantu,” ujar Zulkifli.

Seperti diketahui, Hong Kong dan Singapura menarik produk Mie Sedaap varian Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken karena terindikasi mengandung pestisida jenis etilen oksida.

Di Singapura, otoritas SFA memerintahkan Sheng Sheng F&B Industries untuk menarik dua varian Mie Sedaap yaitu Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. Proses penarikan sedang berlangsung saat ini.

Produk Mie Sedaap Korean Spicy Soup yang ditarik adalah produk dengan masa kadaluwarsa 17 Maret 2023. Sementara Mie Sedaap Korean Spicy Chicken yang ditarik yaitu yang masa kadaluwarsanya 21 Mei 2023.

“Penarikan Mie Sedaap Korean Spicy Soup berlaku untuk produk dengan masa kedaluwarsa 17 Maret 2023. Sementara, penarikan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken berlaku untuk produk dengan masa kedaluwarsa 21 Mei 2023,” tulis keterangan resmi yang dilansir dari CNA.

Sementara itu, Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia, Sheila Kansil, menangkis laporan tersebut. Ia menegaskan, Mie Sedaap selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi konsumen, dari seluruh lini proses dan produksi.

“Berkenaan dengan publikasi yang beredar mengenai produk Mie Sedaap, kami memastikan tidak ada penggunaan pestisida dan Etilen oksida (EtO) pada Mie Sedap dan telah mengantongi persyaratan BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi,” tutur Sheila.

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!