Luhut Sebut Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Rampung Sesuai Jadwal

portalutama.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebut proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan rampung sesuai jadwal.

“Jangan melihat kegagalan. (Proyek) kereta api cepat (Jakarta-Bandung) kita jalan sekarang. Semua akan selesai on schedule,” ujarnya dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin, Jumat (2/12/2022).

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) ditargetkan rampung pada 2023 dan bisa beroperasi pada Juni 2023.

Pada November 2022, progres proyek patungan BUMN Indonesia dan China itu sudah mencapai 81,66 persen dan progres investasinya mencapai 91,40 persen.

Proyek lain

Saat ini kata Luhut, pemerintah sedang memikirkan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Ia berharap proyek tersebut akan diteruskan oleh pemerintahan baru yang terbentuk setelah Pemilu 2024.

Luhut meyakini pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan lebih bagus dibandingkan KCJB.


“Yang jadi isu sekarang, kita mulai mikir nanti supaya bisa diberikan ke pemerintahan akan datang bahwa sampai ke Surabaya. Dengan begitu, kita akan buat studi yang jauh lebih bagus dari Jakarta-Bandung ini,” sambungnya.

Selain itu, pemerintah juga menawarkan proyek di Kalimantan Utara (Kaltara) kepada Pemerintah China melalui Kedutaan Besarnya yang ada di Indonesia.

error: Content is protected !!