Literasi Masyarakat Soal Asuransi Masih Rendah

Merdeka.com – Ketua Umum Dewan Asuransi Indonesia (DAI) Tatang Nurhidayat mengatakan, rangkaian Hari Asuransi dengan tema Literasi Asuransi Untuk Negeri, merupakan wujud upaya nyata industri asuransi dalam meningkatkan penetrasi dan literasi asuransi di Indonesia. Kegiatan ini sekaligus menjadi momentum bagi industri untuk lebih gencar memberikan sosialisasi mengenai pentingnya perlindungan diri melalui Asuransi.

“Pentingnya berasuransi, perlu terus digalakan karena pemahaman serta akses masyarakat terhadap produk dan jasa asuransi masih rendah, sementara asuransi sangat berguna untuk proteksi diri, keluarga dan juga merupakan perencanaan keuangan jangka panjang yang kemungkinan diperlukan sewaktu-waktu,” kata Tatang di Jakarta, Senin (24/10).

Berdasarkan data Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri tentang data terbaru jumlah penduduk Indonesia tahun 2022, tercatat pada 30 Juni 2022 atau Semester I-2022 jumlah penduduk Indonesia tercatat sebanyak 275.361.267 jiwa.

Berdasarkan data tersebut, jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 275 juta jiwa tersebut merupakan pasar yang potensial bagi industri asuransi, terlebih bila mengingat pertumbuhan kelas menengah di Indonesia terus tumbuh sementara penetrasi asuransi masih sangat rendah.

“Industri asuransi pun, perlu menetapkan strategi dan pemanfaatan teknologi IT serta mitigasinya, dalam upaya edukasi dan literasi mengenai asuransi kepada masyarakat Indonesia, hal ini perlu dilakukan agar masyarakat mengetahui pentingnya berasuransi serta paham produk-produk asuransi yang ada,” imbuhnya.

Tingkat pendidikan, kesadaran dan pendapatan yang rendah, masih mempengaruhi minat masyarakat dalam berasuransi. Selain itu, kondisi wilayah Indonesia yang merupakan negara kepulauan, turut memperlambat percepatan penetrasi asuransi kepada masyarakat dan merupakan tantangan tersendiri bagi industri asuransi.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya DAI melalui Panitia Hari Asuransi 2022, melakukan berbagai kegiatan yang memfokuskan pada edukasi, sosialisasi dan literasi tentang manfaat berasuransi kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Melalui Literasi Asuransi Untuk Negeri, kita berusaha menjabarkan tujuan bersama untuk meningkatkan pemahaman asuransi serta pentingnya asuransi bagi kehidupan, kepada masyarakat,” kata Ketua Panitia Hari Asuransi 2022 Retno Susanti.

Sepanjang tahun 2022, panitia Hari Asuransi pusat telah bekerja sama dengan panitia hari asuransi di beberapa kota, secara pararel mengadakan bermacam kegiatan untuk mendukung Hari Asuransi 2022 diantaranya; Literasi Asuransi untuk Ojek Online, Cerdas Cermat untuk pelajar SMA dan Sederajat, Podcast, Talk Show, Pameran Asuransi (booth) di Jakarta, Publikasi Media, Lomba Menulis dan Membuat Film Pendek, selain itu lomba Membuat Konten Sosial Media serta kegiatan-kegiatan lainnya.

Selanjutnya Pada acara Puncak Hari Asuransi 2022 ini, Panitia bersama sponsor pendukung acara yakni Allianz Life Indonesia, Prudential Life Assurance, Manulife Indonesia, Axa Financial Indonesia, halodoc, Tugu Insurance dan Zurich Insurance, telah mengemas selama satu hari penuh, dalam bentuk festival yang cukup meriah, dengan berbagai macam kegiatan.

Acara hiburan tersebut antara lain; pawai kostum, rocca space, tarian, home band, fun games, booth UMKM, serta penampilan Chaplin Band dan Goliath Band, yang dapat disaksikan oleh masyarakat umum di Senayan Park, Pulau 1, Jakarta.

“Insan asuransi harus berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan literasi asuransi yang dilakukan secara simultan, serta memanfaatkan jaringan bisnis dan perkembangan teknologi, sebagai bagian infrastruktur dalam melakukan literasinya kepada masyarakat,” jelasnya.

[azz]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.