Lima Tips Jitu Memilih Tempat Magang Sesuai Keahlian

Jakarta: Lulusan sebuah universitas pasti ingin segera mendapatkan pekerjaan terbaik. Maka dari itu, dibutuhkan tempat yang terbaik juga saat magang.
 
Magang tidak bisa dianggap sepele. Sebab, magang adalah langkah awal dalam berpijak dan berkelana di dunia industri kelak.
 
Selain itu, bisa saja saat dinilai dapat dipercaya di tempat magang, setelah lulus bisa langsung melamar kembali. Kalau hal ini terjadi, maka lulusan tidak perlu repot-repot lagi mencari perusahaan yang dapat menerima fresh graduate.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, dibutuhkan tips-tips mencari tempat magang. Mengutip dari akun Instagram @kamivokasi, berikut lima tips memilih tempat magang sesuai keahlian:

Tips memilih tempat magang

1. Pilih perusahaan sesuai jurusan atau kompetensi keahlian

Jangan sampai perusahaan yang dipilih justru tidak mengakomodasi kompetensi dan keahlian yang dipunyai. Bila hal itu sampai terjadi, maka saat magang seorang mahasiswa tidak akan mendapatkan hard skill apa pun.
 
Bahkan tidak akan mengetahui bidang kompetensi apa yang sedang berkembang. Oleh sebab itu, usahakan pilih tempat magang sesuai dengan jurusan serta kompetensi.

2. Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas perusahaan ini tidak menyangkut nama besar perusahaan saja. Namun hal ini juga menyangkut bagaimana manajemen perusahaan, sistem kerja, lingkungan, budaya kerja dan sebagainya.

3. Benefit yang ditawarkan

Kadang tujuan magang tidak hanya sekadar mencari pekerjaan, namun juga belajar, mencari relasi atau bahkan menjadikan magang sebagai batu pijakan untuk karier ke depannya. Bila seperti itu, maka pastikan hal tersebut menjadi pertimbangan saat magang.

4. Lokasi magang

Lokasi magang sebenarnya bisa di mana saja. Namun perlu diingat masing-masing tempat magang memiliki kekurangan dan kelebihan.
 
Contohnya, magang di perusahaan luar negeri pasti akan memiliki nilai tambah, Namun, peluang magang di luar negeri juga kecil karena terbuka melalui berbagai skema.

5. Perhatikan job description

Memastikan tugas magang sesuai dengan keilmuan yang dipelajari serta ilmu yang dibutuhkan ke depannya. Selain itu, memastikan job description berfungsi agar magang menjadi lebih fokus dan perkuliahan tidak terganggu.
 
Itulah lima tips memilih tempat magang terbaik. Dengan tips tersebut, diharapkan Sobat Medcom dapat memilih tempat magang sesuai dengan keahlian. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *