Kunjungi AS, Mendag Zulhas Minta Diaspora Bantu Majukan Ekonomi RI

Merdeka.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke Amerika Serikat dalam rangka perkuat perdagangan antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Dalam kunjungan tersebut, dia meminta para diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS) turut berkontribusi meningkatkan pergerakan ekonomi.

“Diharapkan diaspora Indonesia di luar negeri dapat turut berkontribusi dalam memajukan perekonomian Indonesia untuk mencapai Indonesia sebagai negara maju di 2045,” ujar Zulkifli yang dikutip pada Senin (10/10).

Dalam sesi diskusi dengan para diaspora Indonesia dan pebisnis, Zulkifli juga menyampaikan berbagai peluang dan hambatan perdagangan antara Indonesia-Amerika Serikat. Untuk itu, dia kembali meminta diaspora turut membantu memberikan gagasan atau solusi terkait hambatan yang berpotensi terjadi antara perdagangan Indonesia-Amerika Serikat.

Menutup acara diskusi, Zulkifli juga mengundang para diaspora dan pelaku bisnis di New York untuk hadir pada acara Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 dan Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) yang akan diselenggarakan pada 19-23 Oktober 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, Banten.

Dia menyampaikan, TEI 2022 merupakan pameran dagang terbesar di Indonesia. Pada pameran ini Indonesia akan menampilkan berbagai produk unggulan yang berkualitas dan berteknologi tinggi. “Diharapkan pameran ini dapat menjadi titik balik pemulihan perekonomian global pascapandemi Covid-19,” tutupnya.

Pada pertemuan tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani menyampaikan optimismenya atas kinerja perdagangan Indonesia di Amerika Serikat. Rosan berharap surplus perdagangan tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Pada Januari-Agustus 2022, neraca perdagangan Indonesia ke AS mencatatkan surplus senilai USD 13,4 miliar. Produk utama ekspor Indonesia ke AS antara lain pakaian, mesin listrik, alas kaki, lemak dan minyak hewan/nabati, serta produk karet. [azz]

Baca juga:
Peran Diaspora Dinilai Mampu Bawa UMKM RI Mendunia
Erick Thohir Minta BNI Bantu UMKM Hingga Pekerja Migran
Menteri Erick Dorong TKI dan Diaspora RI Manfaatkan Kredit BNI, ini Kelebihannya
Pulau Terpencil di Australia Punya Tradisi Rewang seperti di Jawa, Ini Potretnya
Ekspansi Bisnis Internasional, Erick Thohir Minta BNI Sasar 8 Juta Diaspora
Kisah WNI Jual Makanan Khas Indonesia di AS, Keuntungan Disumbangkan untuk Pendidikan


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.