Konsep Smart City IKN Nusantara akan Diterapkan di 6 Sektor Ini

portalutama.com – JAKARTA, Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) membeberkan konsep smart city atau kota pintar yang akan diterapkan pada pembangunan IKN Nusantara.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan dan Digtal, Mohammed Ali Berawi, mengatakan yang dimaksud dengan smart city adalah kota yang mengadopsi teknologi mulai dari perencanaan maupun pembangunan kota, hingga menjalankan fungsi pemerintahan.

Terkait dengan pembangunan IKN Nusantara, lanjutnya, konsep Smart City ini diterapkan secara komprehensif, mulai dari tahap perencanan hingga pengelolaan kota.

“Jadi kota cerdas itu adalah bagaimana pemanfaatan teknologi diterapkan mulai dari perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan kota, sehingga ada efisiensi yang bisa dicapai,” kata Ali dalam diskusi media, Selasa (29/11/2022).

Menurut dia, pengembangan kota cerdas mempunyai tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal di IKN Nusantara. Maka ketika kualitas hidupnya meningkat, diharapkan bisa melahirkan SDM unggul.

Ali menjelaskan, setidaknya ada 6 sektor yang akan diterapkan menggunakan teknologi modern sehingga menciptakan apa yang dimaksud dari kota cerdas, yaitu sistem pemerintahan, Transportasi dan Logistik, kehidupan masyarakat, sumber daya energi, sumber daya manusia (SDM) dan Industri, dan infrastruktur.

“Jadi governance ini mengidentifikasi dari penduduk, seperti registrasi, warga baru, sudah dilakukan secara digital, pengelolan kotanya kita punya operation center,” ujar Ali.

Berikut konsep Smart City IKN Nusantara yang akan diterapkan di 6 sektor:

1. Pemerintahan

Untuk perizinan menggunakan sistem digital, seperti misal yang sudah ada saat ini melalui sistem OSS dalam penerbitan NIB untuk pelaku usaha mikro.

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!