Kisah Sukses Tob Ittipat, Lunasi Utang Keluarga Rp16 Miliar dari Jualan Cemilan Rumput Laut

portalutama.com – JAKARTA, Kisah sukses Tob Ittipat, penemu cemilan rumput laut terkenal asal Thailand, Tao Kae Noi, sangat menginspirasi.

Siapa sangka, dari bisnis cemilan rumput laut tersebut, Tob Ittipat yang memiliki nama asli Aitthipat Kulapongvanich dapat melunasi utang keluarga sebesar 40 juta baht atau Rp16,133 triliun.

Tob Ittipat, merupakan warga keturunan China-Thailand yang lahir pada 24 November 1984. Sejak SMA, dia telah menekuni bisnis dengan menjual berbagai karakter hero dari akun game online miliknya.

Namun Tob Ittipat baru serius menekuni bisnis bahkan rela meninggalkan bangku kuliah, ketika bisnis ayahnya bangkrut dan terlilit utang 40 juta baht Rp16,133 miliar, hingga rumah mereka disita bank.

Tob Ittipat kemudian mencoba peruntungan dengan menjual DVD dan kacang panggang yang digemari masyarakat Thailand. Sayangnya, bisnis tersebut tidak berhasil.

Dia kemudian berinsiatif untuk berjualan cemilan rumput laut. Ide bisnis tersebut datang saat dia mencicipi cemilan rumput laut yang dibawa pacarnya dari luar kota.

Saat itu, Tob Ittipat berpikir, “Kenapa untuk membeli cemilan begini saja harus keluar kota? Kenapa tidak saya bikin untuk dijual di sini?”.

Dengan ide tersebut, Tob Ittipat kemudian menekuni bisnis cemilan rumput laut. Produk cemilan rumput laut itu ia beri nama Tao Kei Noi.

Awalnya, bisnis cemilan rumput laut itu berjalan kurang baik. Banyak tantangan yang dilewati, namun Tob Ittipat tak kehilangan semangat juang karena mendapat dukungan keluarga terlebih pamannya yang selalu setia membantu.

Hingga akhirnya Tob Ittipat mendapatkan resep yang pas untuk membuat cemilan rumput laut yang enak. Tapi lagi-lagi dia menemukan kendala di sisi pemasaran.

Akhirnya, dengan berbagai usaha mencari partner, Tob Ittipat bisa bekerja sama dengan 7-Eleven (Sevel) untuk memasarkan produk Tao Kei Noi ke seluruh outlet Sevel di berbagai belahan dunia. Kini Tao Kae Noi telah dijual di 40 negara.

Setelah 2 tahun bekerja sama dengan 7-Eleven, Ittipat berhasil membayar seluruh utang keluarganya yang sebesar Rp16,133 miliar. Tak hanya itu, kesuksesan Tao Kei Noi membawa Tob Ittipat masuk jajaran miliarder muda Thailand.

Editor : Jeanny Aipassa

error: Content is protected !!