Kemarin, harga bahan pokok jelang Natal hingga perluasan pasar IKM

portalutama.com – Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (2/12) mulai dari ketersediaan bahan pokok dalam menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru hingga perluasan akses pasar Industri Kecil Menengah (IKM) sektor kriya dan fesyen.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan BUMN membantu ketersediaan bahan pokok dalam menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru.

Erick telah menginstruksikan BUMN-BUMN pangan yang tergabung dalam Holding BUMN Pangan atau ID Food untuk memonitor perkembangan ketersediaan bahan pokok jelang Nataru.

Berita selengkapnya klik di

2. Investasi sektor pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan nilai investasi di sektor pariwisata Indonesia mencapai hingga 8 miliar dolar AS dalam 10 tahun.

“Kami menyepakati tiga hal, (pertama) Indonesia akan menjadi feature country dan akan dipilih menjadi host dari Global Tourism Economic Forum dalam dua tahun ke depan,” ujarnya.

Berita selengkapnya klik di

3. Baterai kendaraan listrik

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa sebanyak 60 persen kendaraan listrik di dunia akan bergantung pada ekosistem baterai yang sedang dibangun dengan terintegrasi di Indonesia.

“Saya hitung berapa sih, 60 persen mobil listrik, kendaraan listrik, akan tergantung dari EV (Electric Vehicle) Battery kita. 60 persen dari pangsa pasar yang ada di dunia,” katanya.

Berita selengkapnya klik di

4. Modal asing masuk

Bank Indonesia (BI) mencatat terdapat modal asing masuk Rp9,64 triliun ke pasar keuangan Indonesia dalam satu pekan ini, tepatnya pada 28 November 2022 sampai 1 Desember 2022.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan modal asing yang masuk mayoritas menuju ke pasar surat berharga negara (SBN) sebesar Rp8,76 triliun. Kemudian, terdapat pula modal asing masuk senilai Rp880 miliar ke pasar saham domestik.

Berita selengkapnya klik di

5. Pasar IKM kriya dan fesyen diperluas

Kementerian Perindustrian konsisten untuk memperluas akses pasar Industri Kecil Menengah (IKM) sektor kriya dan fesyen, salah satunya dengan pemberian fasilitas pemasaran di pusat perbelanjaan.

Kemenperin melalui Bali Creative Industry Center (BCIC) memfasilitasi pembukaan Toko Produk Kreatif di pusat perbelanjaan Gandaria City Jakarta selama tiga bulan pada Oktober hingga Desember 2022.

Berita selengkapnya klik di

error: Content is protected !!