Kata Miliarder Investor Ini Bitcoin Bagus Sih, Tapi…

portalutama.com – Investor miliarder Ray Dalio berujar bahwa banyak hal yang masih lebih menarik daripada Bitcoin, seperti Biotech misalnya. Meski demikian, pendiri hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates ini masih memberikan pujian pada cryptocurrency terbesar di dunia itu.

“Saya pikir itu sangat luar biasa bahwa selama 12 tahun itu tercapai … Tapi menurut saya tidak ada hubungannya dengan apa pun … Itu adalah hal kecil yang mendapat perhatian yang tidak proporsional,” ujarnya, mengutip Bitcoin.com di Jakarta, Senin (6/2/23)..

Ia pun memperhatikan bahwa total nilai pasar bitcoin kurang dari sepertiga saham Microsoft, yang kapitalisasi pasarnya mencapai USD1,92 triliun pada hari Jumat kemarin, Dalio menegaskan masih banyak yang lebih menarik.

“Biotech dan banyak industri lainnya lebih menarik daripada bitcoin. Ini [bitcoin] tidak akan menjadi uang yang efektif. Itu bukan gudang kekayaan yang efektif. Ini bukan media pertukaran yang efektif,” tandasnya.

“Tapi kita berada di dunia di mana uang seperti yang kita tahu dalam bahaya … Kami mencetak terlalu banyak, dan bukan hanya Amerika Serikat, semua mata uang cadangan,” lanjutnya.

Secara khusus, ia juga menyebutkan masalah dengan euro dan yen Jepang. Pendiri Bridgewater Associates menekankan, “jika Anda menginginkan mata uang digital, Anda harus melakukan sesuatu yang berbeda dari bitcoin.”

Namun, dia mencatat bahwa menurutnya stablecoin tidak bagus karena akan mendapatkan mata uang fiat lagi.

“Apa yang terbaik adalah koin terkait inflasi. Dengan kata lain, sesuatu yang pada dasarnya Anda akan berkata, oke, ini akan memberi saya daya beli karena setiap individu menginginkannya. Apa yang mereka inginkan? Mereka ingin mengamankan daya beli mereka,” tandasnya.

“Yang paling dekat dengan itu adalah obligasi indeks inflasi dan sebagainya,” kata Dalio. “Jadi saya pikir Anda mungkin akan melihat perkembangan koin yang belum pernah Anda lihat yang mungkin akan menjadi koin yang menarik dan layak. Saya tidak berpikir itu bitcoin.”

error: Content is protected !!