Kata-kata Bijak Charlie Munger Tentang Meraih Kekayaan dan Kehidupan

portalutama.com – Jangan lewatkan inspirasi dari kata-kata bijak Charlie Munger yang memiliki kemiripan dengan orang terkaya di dunia, Warren Buffet, dan juga partner kerjanya yang luar biasa.

Selamat membaca dan semoga terinspirasi!

Rubrik Finansialku

Sosok Charlie Munger

Charles Thomas Munger atau biasa disebut Charlie Munger adalah seorang pebisnis yang telah memimpin 6 perusahaan yang berbeda.

Dia menamatkan gelar sarjana dari University of Michigan dan Harvard Law School.

Charles Thomas Munger atau Charlie Munger (lahir 1 Januari 1924, di Omaha, Nebraska), dia adalah raja bisnis, pengacara, investor, dan dermawan asal Amerika.

Charlie Munger adalah Wakil Ketua Berkshire Hathaway Corporation, perusahaan investasi terdiversifikasi yang diketuai oleh Warren Buffett.

Warren Buffett menggambarkan Charlie Munger sebagai ‘pasangannya.’

[Baca Juga: Kisah Sukses Yongki Komaladi, Pendiri Toko Sepatu Ternama di Indonesia]

Charlie Munger menjabat sebagai ketua Wesco Financial Corporation dari tahun 1984 hingga 2011 (Wesco sekitar 80% dimiliki oleh Berkshire-Hathaway selama waktu itu).

Charlie Munger juga adalah ketua Daily Journal Corporation, yang berbasis di Los Angeles, California dan direktur Costco Wholesale Corporation.

Kemiripan Charlie Munger & Warren Buffet

Seperti Warren Buffett, Charlie Munger adalah penduduk asli Omaha, Nebraska.

Setelah mempelajari matematika di Universitas Michigan, dan mengabdi di Angkatan Udara Amerika Serikat sebagai ahli meteorologi, dilatih di Caltech, Charlie Munger memasuki Harvard Law School, di mana ia menjadi anggota Biro Bantuan Hukum Harvard, tanpa gelar sarjana.

Lulus tahun 1948 dengan gelar Doctor magna cumlaude, ia bersama dengan istrinya, Nancy, dan putra serta kedua putri mereka pindah ke California.

Meskipun Charlie Munger lebih dikenal karena hubungannya dengan Warren Buffett, ia menjalankan kemitraan investasi sendiri dari tahun 1962 hingga 1975.

Menurut esai Warren Buffett, ‘Para Superinvestor dari Graham-dan-Doddsville,’ yang diterbitkan pada tahun 1984, kemitraan investasi Charlie Munger menghasilkan keuntungan pengembalian (return) tahunan 19,8% selama periode 1962 dibandingkan dengan tingkat apresiasi tahunan 5,0% untuk Dow.

Charlie Munger sebelumnya juga adalah ketua dari Wesco Financial Corporation, sekarang merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Berkshire Hathaway.

Perusahaan ini dimulai sebagai asosiasi simpan pinjam, tetapi akhirnya tumbuh dan mengendalikan Precision Steel Corp, CORT Furniture Leasing, Kansas Bankers Surety Company, dan perusahaan lainnya.

Wesco Financial juga memegang portofolio ekuitas terkonsentrasi lebih dari US$1,5 miliar di perusahaan-perusahaan seperti Coca-Cola, Wells Fargo, Procter & Gamble, Kraft Foods, US Bancorp, dan Goldman Sachs.

Charlie Munger percaya bahwa memegang sejumlah saham terkonsentrasi dalam jangka panjang akan menghasilkan pengembalian (return) yang superior. Wesco berbasis di Pasadena, California, kampung halaman Charlie Munger.

Warren Buffett sering secara terbuka menyatakan bahwa dia menganggap Charlie Munger sebagai rekannya.

Namun, ada beberapa perbedaan utama antara keduanya: Charlie Munger dikenal sebagai seorang Republikan, sedangkan Warren Buffett umumnya mendukung Demokrat.

Warren Buffett mencurahkan waktunya hampir secara eksklusif untuk bisnisnya, sementara Charlie Munger, yang tidak melibatkan dirinya dalam operasi sehari-hari di Berkshire, adalah seorang generalis yang investasinya hanya merupakan salah satu dari berbagai kepentingan yang ia miliki.

Kata-kata Bijak Charlie Munger

Dalam kehidupan sehari-hari, Charlie Munger sering memberikan kata-kata bagi teman atau kenalannya. Berikut ini beberapa kata-kata bijak yang diberikan oleh Charlie Munger:

#1 Assume life will be really tough, and then ask if you can handle it. If the answer is yes, you’ve won.

Anggaplah hidup akan sangat sulit, dan kemudian tanyakan apakah Anda dapat mengatasinya. Jika jawabannya ya, Anda menang.

#2 Being smart and doing something that no one has done before are two different things.

Menjadi orang cerdas dan melakukan sesuatu yang belum pernah orang lain lakukan adalah 2 hal yang berbeda.

#3 You’ll do better if you have passion for something in which you have aptitude. If Warren Buffett had gone into ballet, no one would have heard of him.

Anda akan melakukan lebih baik jika Anda memiliki gairah dengan bakat yang Anda miliki. Jika Warren Buffet menjadi seorang penari balet, tentu tidak akan ada orang yang akan mendengarnya.

#4 When you borrow a man’s car, always return it with a tank of gas.

Ketika Anda meminjam mobil seseorang, pastikan bahwa Anda mengembalikannya dengan bensin yang terisi penuh.

#5 There’s only one way to the top: hard work.

Hanya ada satu jalan menuju ke atas (sukses): kerja keras.

[Baca Juga: Ini Hal Yang Membuat Bisnis Waralaba Sukses dan Gagal! Pahami Sekarang!]

#6 The difference between a good business and a bad business is that good businesses throw up one easy decision after another. The bad businesses throw up painful decisions time after time.

Perbedaan antara bisnis yang baik dan bisnis yang buruk adalah bahwa bisnis yang baik menghasilkan satu keputusan mudah satu demi satu. Bisnis yang buruk membuang keputusan yang menyakitkan dari waktu ke waktu.

#7 Part of what you must learn is how to handle mistakes and new facts that change the odds. Life, in part, is like a poker game, wherein you have to learn to quit sometimes when holding a much loved hand.

Bagian yang harus Anda pelajari adalah bagaimana menangani kesalahan dan kenyataan baru yang mengubah peluang. Bagian hidup ini seperti sebuah permainan poker, dimana terkadang Anda harus belajar untuk berhenti ketika Anda di tangan menggenggam yang sangat dicintai.

#8 I believe in the discipline of mastering the best that other people have ever figured out. I don’t believe in just sitting down and trying to dream it all up yourself. Nobody’s that smart.

Saya percaya pada sebuah disiplin akan menguasai yang terbaik yang kebanyakan orang cari. Saya tidak percaya pada bermalas-malasan dan mencoba untuk bermimpi di siang bolong. Tidak ada orang yang sepintar itu.

#9 Smart people do dumb things.

Orang pintar melakukan hal yang bodoh.

#10 Our game is to recognize a big idea when it comes along, when one doesn’t come along very often. Opportunity comes to the prepared mind.

Permainan kita adalah untuk mengenali ide besar ketika ide tidak datang di setiap waktu. Kesempatan datang kepada pikiran yang sudah siap.

#11 I would argue that passion is more important than brain power.

Saya berpendapat bahwa gairah lebih penting daripada kekuatan pikiran.

#12 Do what you like and are good at.

Lakukan hal yang kamu suka dan yang dapat kamu lakukan dengan baik.

#13 Invest in a business any fool can run, because someday a fool will. If it won’t stand a little mismanagement, it’s not much of a business.

Berinvestasilah dalam bisnis yang bisa dijalankan orang bodoh, karena suatu hari orang bodoh akan melakukannya. Jika bisnis itu tidak mengalami kesalahan manajemen, itu bukan dinamakan bisnis.

#14 Invert, always invert: Turn a situation or problem upside down. Look at it backward.

Balikkan, selalu Balikkan: Balikkan situasi atau masalah. Lihatlah ke belakang.

#15 Remember that reputation and integrity are your most valuable assets and can be lost in a heartbeat.

Ingatlah bahwa reputasi dan integritas adalah aset Anda yang paling berharga dan dapat hilang dalam sekejap.

[Baca Juga: Ingin Sukses? Ketahui Dulu Cara Mempertahankan Kebahagian Anda]

#16 We just keep our heads down and handle the headwinds and tailwinds as best we can, and take the result after a period of years.

Kita hanya bisa terus menundukkan kepada kita dan mengatasi angin permasalahan, dan pada akhirnya kita akan memetik hasilnya setelah beberapa tahun.

#17 We’re emphasizing the knowable by predicting how certain people and companies will swim against the current. We’re not predicting the fluctuation in the current.

Kami menekankan pada apa yang dapat diketahui dengan memprediksi bagaimana orang dan perusahaan tertentu akan berenang melawan arus. Kami tidak memprediksi fluktuasi arus.

#18 Spend each day trying to be a little wiser than you were when you woke up. Day by day, and at the end of the day-if you live long enough-like most people, you will get out of life what you deserve.

Gunakan waktu setiap hari untuk terus mencoba menjadi orang yang lebih bijak dari saat Anda bangun di pagi hari. Hari demi hari,dan pada penghujung hari – jika Anda masih tetap hidup – sama seperti kebanyakan orang, Anda akan keluar dari hidup dengan mendapatkan apa yang pantas Anda dapatkan.

#19 Three rules for a career: 1. Don’t sell anything you wouldn’t buy yourself; 2. Don’t work for anyone you don’t respect and admire; and 3. Work only with people you enjoy.

Tiga aturan dalam sebuah karier: 1. Jangan menjual apapun yang Anda tidak akan Anda beli, 2. Jangan bekerja pada seseorang yang tidak Anda hormati atau yang tidak Anda kagumi; dan 3. Bekerjalah hanya dengan orang yang Anda sukai.

#20 The big money is not in the buying and selling. But in the waiting.

Kekayaan besar tidak terletak pada membeli atau menjual, tetapi pada sebuah penantian.

#21 Almost all good businesses engage in pain today for gain tomorrow activities.

Hampir semua bisnis bagus mengalami masalah hari ini untuk mendapatkan keuntungan di hari esok.

#22 I think that one should recognize reality even when one doesn’t like it; indeed, especially when one doesn’t like it.

Saya rasa orang perlu mengenali kenyataan bahkan ketika orang tersebut tidak menyukainya.

#23 It takes character to sit with all that cash and to do nothing. I didn’t get top where I am by going after mediocre opportunities.

Dibutuhkan karakter untuk duduk dengan semua uang itu dan tidak melakukan apa pun. Saya tidak mendapatkan posisi teratas dengan mengejar peluang yang biasa-biasa saja.

#24 Instead of looking for success, make a list of how to fail instead. Tell me where I’m going to die, that is, so I don’t go there.

Daripada mencari kesuksesan, lebih baik membuat daftar bagaimana bisa gagal. Katakan pada saya bagaimana saya akan mati, sehingga saya tidak akan melakukannya.

#25 To get what you want, you have to deserve what you want. The world is not yet a crazy enough place to reward a whole bunch of undeserving people.

Untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan, Anda harus menerima apa yang Anda inginkan. Dunia ini bukanlah tempat yang cukup gila untuk memberi hadiah pada seluruh orang-orang yang tidak layak untuk menerima.

[Baca Juga: Slide: Menambah Penghasilan (Multiple Streams of Income) untuk Karyawan Kantoran dengan Kerja Sampingan dan Berinvestasi]

#26 It is really useful to be reminded of your errors. I think Warren Buffett and I are pretty good at that. We do kind of mentally rub our own noses in our own mistakes. And that is a very good mental habit.

Akan sangat berguna untuk diingatkan akan kesalahan Anda. Saya pikir Warren Buffett dan saya cukup pandai dalam hal itu. Kita secara mental menggosok hidung kita sendiri karena kesalahan kita sendiri. Dan itu adalah kebiasaan mental yang sangat baik.

#27 The best thing a human being can do is to help another human being know more.

Hal terbaik yang manusia bisa lakukan adalah menolong orang lain untuk mengenal lebih banyak.

#28 The best armor of old age is a well-spent life preceding it.

Baju besi terbaik di usia tua adalah kehidupan yang dihabiskan dengan baik sebelum masa tua menjelang.

#29 You must value the business in order for you to value the stock.

Anda harus menghargai bisnis agar Anda dapat menilai saham.

#30 If you tell the truth, you don’t have to remember your lies.

Jika Anda mengatakan kebenaran, Anda tidak perlu mengingat kebohongan Anda.

#31 Generally speaking, envy, resentment, revenge, and self-pity are disastrous modes of thought. Self-pity gets fairly close to paranoia, and paranoia is one of the very hardest things to reverse. You do not want to drift into self-pity. Self-pity will not improve the situation.

Secara umum, iri hati, dendam, balas dendam, dan mengasihani diri sendiri adalah cara berpikir yang menghancurkan. Rasa mengasihani diri menjadi cukup dekat dengan paranoia, dan paranoia adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dibalik. Tentu Anda tidak ingin hanyut dalam mengasihani diri sendiri. Mengasihani diri tidak akan memperbaiki situasi.

#32 My habit of committing far more time to learning and thinking than to doing is no accident.

Kebiasaan saya untuk belajar terus menerus dan berpikir daripada melakukan bukanlah kebetulan.

#33 When any guy offers you a chance to earn lots of money without risk, don’t listen to the rest of his sentence. Follow this, and you’ll save yourself a lot of misery.

Ketika ada seseorang yang menawarkan Anda kesempatan untuk mendapatkan banyak uang tanpa risiko, jangan dengarkan sisa kalimatnya. Ikuti saran ini, dan Anda akan menyelamatkan diri Anda dari banyak kesengsaraan.

#34 Obviously if you want to get good at something which is competitive, you have to think about it and practice a lot. You have to keep learning because the world keeps changing and competitors keep learning.

Tentunya jika Anda ingin menjadi ahli dalam sesuatu yang kompetitif, Anda harus memikirkannya dan banyak berlatih. Anda harus terus belajar karena dunia terus berubah dan pesaing terus belajar.

#35 Someone will always be getting richer faster than you. This is not a tragedy.

Seseorang akan selalu menjadi lebih kaya dan lebih cepat daripada Anda. Ini bukan tragedi.

[Baca Juga: Belum Mengutamakan Program Pelayanan Karyawan? Hati-hati Anda Bisa Kehilangan Karyawan!]

#36 We both, Warren Buffett and I, insist on a lot of time being available almost every day to just sit and think. That is very uncommon in American business. We read and think.

Kami berdua, Warren Buffett dan saya, bersikeras menggunakan banyak waktu yang tersedia hampir setiap hari untuk duduk dan berpikir. Itu sangat jarang dalam bisnis di Amerika. Kami membaca dan berpikir.

#37 Choose clients as you would friends.

Pilih klien layaknya Anda menginginkan seorang teman.

#38 I think track records are very important. If you start trying to have a perfect one in a simple thing like honesty, you’re well on your way to success in this world.

Saya pikir rekam jejak sangat penting. Jika Anda mulai mencoba untuk mendapatkan yang sempurna dalam hal yang sederhana seperti kejujuran, Anda sedang dalam perjalanan menuju kesuksesan di dunia ini.

#39 Spend less than you make; always be saving something.

Habiskan (uang) lebih sedikit dari yang Anda hasilkan; selalu menabung sesuatu.

#40 The iron rule of nature is: you get what you reward for. If you want ants to come, you put sugar on the floor.

Aturan besi alami adalah: Anda mendapatkan apa yang Anda berikan. Jika Anda ingin semut datang, letakkan saja gula di lantai.

#41 Very-high-IQ people can be completely useless. And many of them are.

Orang dengan IQ sangat tinggi dapat menjadi sama sekali tidak berguna. Dan di dunia ini ada banyak orang yang seperti itu.

#42 No wise pilot, no matter how great his talent and experience, fails to use his checklist.

Tidak ada pilot yang bijak, tidak peduli seberapa hebat bakat dan pengalamannya, mereka juga bisa mengalami kegagalan.

#43 Being an effective teacher is a high calling.

Menjadi guru yang efektif adalah panggilan yang tinggi.

#44 Move only when you have an advantage. It’s very basic. You have to understand the odds and have the discipline to bet only when the odds are in your favor.

Bergeraklah hanya ketika Anda memiliki keuntungan. Ini sangat mendasar. Anda harus memahami peluang dan memiliki disiplin untuk bertaruh hanya ketika peluang menguntungkan Anda.

#45 If you always tell people why, they’ll understand it better, they’ll consider it more important, and they’ll be more likely to comply.

Jika Anda selalu memberi tahu orang-orang alasannya, mereka akan memahaminya dengan lebih baik, mereka akan menganggapnya lebih penting, dan mereka akan lebih cenderung untuk mematuhinya.

[Baca Juga: Kenali Cara Cerdas Karyawan Memulai Bisnis Tanpa Mengabaikan Pekerjaan Utama]

#46 A great business at a fair price is superior to a fair business at a great price.

Bisnis yang bagus dengan harga yang wajar lebih unggul daripada bisnis yang adil dengan harga yang mahal.

#47 In my whole life, I have known no wise people over a broad subject matter area who didn’t read all the time. None. Zero.

Sepanjang hidup saya, saya tidak mengenal orang bijak dalam bidang materi pelajaran yang tidak pernah membaca sama sekali. Tidak ada sama sekali.

#48 You don’t have to be brilliant, only a little bit wiser than the other guys, on average, for a long, long time.

Kamu tidak harus pintar, jadilah sedikit lebih bijaksana daripada yang lain, di atas rata-rata, untuk waktu yang sangat lama.

#49 I try to get rid of people who always confidently answer questions about which they don’t have any real knowledge.

Saya mencoba untuk menyingkirkan orang-orang yang selalu dengan percaya diri menjawab pertanyaan dimana mereka tidak memiliki pengetahuan tersebut.

#50 We all are learning, modifying, or destroying ideas all the time. Rapid destruction of your ideas when the time is right is one of the most valuable qualities you can acquire. You must force yourself to consider arguments on the other side.

Kita semua belajar, memodifikasi, atau mengeksekusi ide setiap saat. Eksekusi ide-ide Anda dengan cepat ketika waktunya tepat adalah salah satu kualitas paling berharga yang bisa Anda dapatkan. Anda harus memaksakan diri untuk mempertimbangkan argumen di sisi lain.

Kata-kata bijak manakah yang memberi inspirasi bagi Anda? Berikan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan yang membutuhkan. Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Joel Brown. 50 Charlie Munger Quotes About Wealth and Life. Addicted2success.com – https://goo.gl/fy3RL8

    Market Screener. Business Leaders – Charles Munger. Marketscreener.com – https://goo.gl/41Ufa5

Sumber Gambar:

    Kata-kata Bijak Charlie Munger 1 – https://goo.gl/YfJ8uw

    Kata-kata Bijak Charlie Munger 2 – https://goo.gl/A71KJs

    Kata-kata Bijak Charlie Munger 3 – https://goo.gl/Dnh4Vk

    Kata-kata Bijak Charlie Munger 4 – https://goo.gl/Hpp2rF

    Kata-kata Bijak Charlie Munger 5 – https://goo.gl/jqwPhR

    Kata-kata Bijak Charlie Munger 6 – https://goo.gl/gKZsAn

    Kata-kata Bijak Charlie Munger 7 – https://goo.gl/3MLSAz