Karo Terang Festival, Kontribusi Majukan UMKM Lewat Semangat Natal

portalutama.com – Sebuah acara bertajuk “Karo Terang Festival 2022” menghadirkan pasar malam yang memamerkan berbagai produk UMKM dan potensi lokal Kabupaten Karo.

Pasar malam UMKM untuk rakyat itu berlangsung selama dua hari, pada 21-22 Desember 2022 di halaman kantor DPRD Kabupaten Karo, Kabanjahe. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Forum Cinta Taneh Karo.

Rangkaian kegiatannya meliputi lomba menghias rumah di sepanjang jalan Jamin Ginting dengan hiasan Natal, mulai dari batas Kab. Karo – Kab. Deli Serdang hingga kota Kabanjahe, aksi sosial donasi ke semua panti asuhan dan panti jompo di Tanah Karo sekitarnya, dan sebagainya. Tujuan kegiatan ini selain untuk menyemarakkan suasana Natal sekaligus juga ikut mendukung pariwisata Kabupaten Karo.

Dalam sebuah wawancara yang ditayangkan di YouTube, penggagas kegiatan ini menjelaskan bahwa “cinta” adalah motor penggerak terlaksananya kegiatan ini, cinta kepada kampung halaman. Cinta berarti memberi diri, baik pikiran, tenaga, waktu, maupun materi sesuai kemampuan untuk menghasilkan kebaikan bagi kampung halaman.

Adalah baik apabila semakin banyak orang yang mau melakukan sesuatu yang baik bagi kota tempatnya tinggal dan bekerja, bagi kampung halamannya. Adalah sesuatu yang baik juga bagi setiap pihak untuk mendukung lahir dan bertumbuhnya berbagai inisiatif bagi kemajuan bersama segenap warga sebuah kota.

Inisiatif memanfaatkan suasana Natal untuk menggerakkan partisipasi masyarakat ini berhasil menarik keikutsertaan 60 rumah dari target awal 200 rumah yang berada di sepanjang jalan Jamin Ginting, Kabanjahe-Berastagi, untuk berpartisipasi menghias rumahnya dengan hiasan Natal. Penilaian untuk perlombaan menghias rumah ini berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 20 Desember 2022.

Acara puncaknya adalah pelaksanaan pasar malam UMKM untuk rakyat. Ini adalah sebuah inisiatif yang bagus sebagai event promosi produk dan potensi lokal masyarakat Tanah Karo.

Terima kasih untuk hadirnya semua inisiatif yang baik bagi kemajuan segenap warga kota. Seperti tajuk acara ini, Karo Terang Festival, kiranya suasana Natal menghadirkan terang kebaikan bagi seluruh umat dan warga kota.

Meloncat ke bagian lain rangkaian acara Karo Terang Festival Tahun 2022 ini, di sela acara pameran UMKM ini terselip juga acara dengan format christmas carol. Seperti tradisi caroling yang masih berjalan dalam menyambut Natal di negara-negara Eropa, di mana sekumpulan orang, terkadang sekelompok anak-anak juga, menyanyikan atau memainkan lagu-lagu Natal dari rumah ke rumah, di jalanan, atau ruang-ruang publik untuk membagikan sukacita dan syahdunya suasana Natal.

Tanpa niat untuk membandingkan tradisi christmas carol yang masih berjalan di negara-negara Eropa. Inisiatif kegiatan seperti menghias rumah-rumah, lampu-lampu sepanjang jalan, dan pasar malam UMKM untuk rakyat seperti ini kiranya berguna menjadikan Natal sebagai sukacita bersama bagi seluruh warga kota.

Pesan moral dari kisah Ebenezer Scrooge dalam film A Christmas Carol barang kali bisa menjadi gambaran aktual dalam mengharapkan lahirnya kontribusi dan kolaborasi untuk memajukan UMKM lewat semangat Natal, kapan saja dan di mana saja. Bagaimana Scrooge sangat membenci Natal, karena Natal dipandangnya sebagai sebuah momen pemborosan dan foya-foya.

Scrooge yang kikir dikunjungi oleh hantu Natal masa lalu, hantu Natal masa kini, dan hantu Natal masa depan. Setelah dikunjungi hantu tersebut Scrooge berubah menjadi orang yang baik dan lemah lembut. Lahirnya penanganan terhadap orang miskin dan kemampuan orang yang egois untuk berubah menjadi karakter yang lebih bersimpati adalah tema utama cerita ini.

Semangat Natal kiranya menghadirkan transformasi karakter, menjadikan kita lebih peduli kepada apa yang berlangsung dan terjadi di sekitar.

Selamat menyambut Natal. Kiranya damai sejahtera dan sukacita Natal ikut memajukan UMKM, benar-benar menjangkau semua umat dan warga kota ini.

error: Content is protected !!