Instagram Promosikan Dunia Olahraga Indonesia di Ranah Digital

Instagram Promosikan Dunia Olahraga Indonesia di Ranah Digital
OlahragadiReels Bootcamp, yakni kelas pelatihan membuat konten Reels bagi para atlet. (Dok. Instagram)

Instagram meluncurkan program bertajuk #OlahragaDiReels untuk memberdayakan komunitas kreator di dunia olahraga. Peluncuran program ini menjadi bentuk dukungan perusahaan untuk usaha para atlet dan klub olahraga dalam mengembangkan basis penggemar dan memperluas eksistensi mereka di ranah digital.

“Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan Reels tercepat di Asia Tenggara. Berkat basis pengguna yang luas dan kemudahan untuk menemukan konten dari kategori yang beragam, fitur ini telah mendorong pertumbuhan ekosistem kreator dan memunculkan bakat-bakat baru dari seluruh Indonesia,” ujar Dolly Lesmana, Manajer Kemitraan Konten Media & Olahraga Meta di Indonesia dalam keterangan resmi, Rabu (10/08/2022).

Lebih lanjut Dolly menjelaskan, sejak diluncurkan pada Maret tahun lalu, fitur Reels telah menjadi salah satu fitur kegemaran pengguna Instagram. Olahraga merupakan salah satu kategori konten Reels yang digemari pengguna Instagram Indonesia, terlihat dari pertumbuhan tagar seperti #gowes, #basket, dan #sepakbola.

Peluncuran program #OlahragadiReels ini juga ditandai dengan kolaborasi Instagram sebagai mitra media sosial eksklusif dengan Indonesia Basketball League (IBL). Selama masa play-off, peminat olahraga basket di Indonesia dapat menyaksikan konten-konten eksklusif dari balik layar IBL musim ini dan keseruan aktivitas para atlet dengan mengikuti tagar #IBLdiReels.

“Melalui kolaborasi yang pertama ini, Instagram dan IBL memiliki visi yang sama dalam mengembangkan bakat para atlet basket dan klub olahraga dalam perjalanan mereka di dunia digital,” imbuh Dolly.

Junas Miradiarsyah, Direktur Utama IBL menyampaikan, “Belakangan ini, IBL sendiri melihat perkembangan digital yang bergerak dinamis dimana para penggiat olahraga seperti kami juga harus pintar dalam menangkap peluang untuk terhubung dengan publik hingga mendorong atlet dan klub olahraga untuk terus bergerak mengikuti tren.”

Tidak hanya berkolaborasi melalui konten, Instagram juga mengadakan #OlahragadiReels Bootcamp, yakni kelas pelatihan membuat konten Reels bagi para atlet. Seluruh materi dan aktivitas di kelas ini telah dirancang secara khusus untuk konten olahraga, meliputi sesi berbagi best practice, pelatihan tentang membuat konten yang sesuai dengan Pedoman Komunitas Instagram, perlindungan akun dari hacker dan perundungan, serta trik-trik menggunakan iklan untuk meningkatkan visibilitas akun di Reels.

Instagram juga akan menempatkan booth Reels Corner untuk pengunjung play-off IBL bisa ikut menuangkan kreativitas mereka dalam konten Reels sambil memberikan dukungan bagi klub dan atlet favorit mereka. Reels Corner akan tersedia dari 13 – 31 Agustus 2022 di GOR C-Tra Arena, Bandung.

“Program ini merupakan bagian dari komitmen Meta dalam membantu atlet, klub dan media olahraga di Indonesia dalam meraih sukses baik di dalam maupun luar negeri, serta mengubah passion dan kreativitas menjadi sumber pencaharian,” ucap Dolly.

Dengan adanya program dan kolaborasi ini, ia berharap dapat terus mendiversifikasi ekosistem kreator di Indonesia, dan mengangkat kreator-kreator lokal berkualitas dari seluruh Indonesia melalui edukasi, pelatihan dan sumber daya dari tim Meta.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *