Ingin Karier Lebih Unggul? Kenali 4 Jenis Tes Bahasa Inggris Berikut!

portalutama.com – Ingin meningkatkan potensi diri dan progres dalam karier? Maka, ada beberapa jenis tes bahasa inggris pilihan yang harus kamu ikuti.

Dewasa ini, kemampuan bahasa inggris yang baik dapat memberikanmu berbagai kesempatan baru yang tak semua orang bisa raih.

Nah, dengan mengikuti uji kemampuan bahasa inggris resmi, kamu akan menerima skor valid yang bisa kamu lampirkan dalam CV.

Mungkin, kamu sudah mengenali sebagian opsi ujian yang bisa dipilih. Akan tetapi, tahukah kamu fungsi utama dari masing-masing tes tersebut?

Tenang, Glints sudah rangkum empat jenis tes bahasa inggris yang bisa bermanfaat untuk kariermu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

© Getvectorlogo.com

Jenis tes bahasa inggris pertama yang akan Glints ulas adalah TOEFL, atau test of english as a foreign language.

Melansir laman Liputan 6, kategori ujian satu ini biasa digunakan untuk mengukur kapasitas kemampuan bahasa inggris seseorang sebelum ia berkecimpung di dunia akademis maupun profesional.

Pertama kali dilangsungkan oleh ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat pada tahun 1963, TOEFL akan memakan waktu hingga 3 jam lamanya.

Mengapa lama? Karena, tes ini akan menguji seluruh aspek dari kemampuan bahasa inggrismu.

Mulai dari tes percakapan (Speaking), mendengar (Listening comprehension), membaca (Reading), hingga penulisan dan grammar (Grammar structure and written expression).

2. IELTS (International English Language Testing System)

© britishcouncilfoundation.id

Jenis ujian bahasa inggris berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk perkembangan kariermu adalah IELTS, atau international english language testing system.

Terkenal karena tingkat kesulitannya, menurut Exam-Practice, kategori tes satu ini sifatnya wajib untuk diambil bagi kamu yang ingin berkelana dan membangun karier di luar negeri.

Sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1989, IELTS telah menjadi tes favorit berbagai institusi pendidikan maupun profesional di luar negeri.

Diadakan oleh tiga organisasi ternama, IDP Australia, British Council, dan Cambridge English Language Assessment, jenis tes satu ini akan mendorong para peserta untuk menunjukkan kemampuan linguistik bahasa inggris mereka.

Peserta dapat mengambil dua jenis tes IELTS yang berbeda, yakni academic atau general training.

3. CAE (Certificate of Advanced English)

© Newcanadianscentre.com

Jenis tes bahasa inggris selanjutnya yang bisa bermanfaat untuk progres kariermu adalah CAE, atau yang lebih dikenal dengan certificate of advanced english.

Diadakan oleh Cambridge Exams, opsi tes satu ini diperlukan bagi kamu yang bercita-cita untuk menekuni karier di Britania Raya.

Soal-soal dalam CAE dirancang untuk memahami skill bahasa inggris peserta untuk keperluan komunikasi sehari-hari.

Karena tingkat kesulitannya yang tinggi, tes satu ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah yakin dengan kemampuan bahasa inggrisnya.

Menyadur laman Academic Positions, hasil tes B atau A pada CAE dapat dijadikan bukti untuk kemampuan bahasa inggris C1, atau setara 110-120 dalam skor toefl atau 7-8 dalam skor IELTS.

4. TOEIC (Test of English for International Communication)

© Shenker.com

Jenis tes bahasa inggris terakhir yang bisa kamu ikuti adalah TOEIC atau test of english for international communication.

Mengutip Sun Education, beberapa perusahaan besar di Indonesia mewajibkan jobseeker untuk melampirkan hasil tes TOEIC dalam lamaran mereka.

Bahkan, sejumlah institusi pemerintahan juga mengharuskan para pelamar untuk memiliki hasil tes TOEIC dalam resume mereka.

Nah, apa yang sebenarnya membuat TOEIC diutamakan oleh banyak industri di Indonesia?

Jawabannya adalah CEFR atau the common european framework of reference for languages.

Standar penilaian ini dinilai lengkap, karena mampu menelisik kemampuan bahasa inggris seseorang mulai dari kemampuan membaca hingga percakapan.

Itu dia keempat jenis tes bahasa inggris yang dapat bermanfaat untuk masa depan kariermu.

Sejatinya, dengan perkembangan zaman yang pesat, kemampuan bahasa inggris telah menjadi suatu hal yang harus kamu miliki.

Tanpa skill tersebut, kemungkinanmu untuk bertahan di era modern ini akan menipis.

Kendati demikian, bukan hanya kemampuan bahasa inggris, lho, yang kamu perlukan di masa globalisasi ini.

Ingin tahu, skill-skill lainnya yang wajib kamu kuasai? Tenang, kamu bisa berdiskusi dengan sesama profesional, bahkan ahli dengan bergabung dalam Glints Komunitas.

Forum tanya jawab tersebut akan membantumu memperoleh jawaban dan sharing pengalaman sesama pekerja. Yuk daftar dan mulai berdiskusi!

Sumber

    A Guide to English Proficiency Tests

    5 Jenis Tes Bahasa Inggris Sebagai Standar untuk Melanjutkan Studi

    5 Jenis Tes Bahasa Inggris untuk Kamu yang Ingin Melanjutkan Studi

    IELTS for career goals