Inflasi Nyaris 100 Persen, Masyarakat Argentina Cari Barang Bekas hingga Barter untuk Bertahan Hidup

portalutama.com – BUENOS AIRES, Argentina menghadapi tingkat inflasi yang mendekati 100 persen pada tahun ini. Hal ini membuat masyarakat di negara Amerika Selatan itu bertahan hidup dengan beralih ke barang daur ulang dengan mencarinya di tempat pembuangan sampah atau mengantre untuk memperdagangkan barang-barang mereka di tempat barter.

Mengutip Reuters, Jumat (14/10/2022) Argentina akan mencatat kenaikan harga paling tajam tahun ini sejak periode hiperinflasi sekitar tahun 1990. Kejadian ini merupakan salah satu kasus ekstrim, bahkan di dunia yang secara luas berjuang untuk menjinakkan inflasi yang didorong oleh invasi Rusia ke Ukraina.

“Penghasilan saya tidak lagi cukup,” kata Sergio Omar (41), yang menghabiskan 12 jam sehari menelusuri pegunungan sampah dari tempat pembuangan sampah di Lujan, 65 kilometer di luar ibu kota Buenos Aires, untuk mencari kardus, plastik, dan logam yang akan dijual.

Dia menambahkan, biaya makanan telah melonjak begitu tinggi dalam beberapa bulan terakhir, sehingga membuatnya sulit untuk memberi makan keluarganya dengan lima anak. Omar mengatakan, semakin banyak pekerja informal akan datang ke tempat pembuangan sampah untuk menemukan barang apa pun yang bisa mereka jual dalam perjuangan untuk bertahan hidup.

“Dua kali lebih banyak orang datang ke sini karena ada begitu banyak krisis,” ucap Omar seraya menjelaskan bahwa dia bisa menghasilkan antara 2.000-6.000 peso per hari dengan menjual sampah yang dapat didaur ulang.

Menurut laporan Reuters, banyak pria dan wanita di tempat pembuangan sampah yang mencari pakaian yang bisa digunakan hingga makanan sisa.

Editor : Aditya Pratama

error: Content is protected !!